Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)



Dua bulan setelah KKN, akhirnya punya niat untuk benar-benar urus tugas akhir atau yang-namanya-tak-boleh-disebut bagi mahasiswa tingkat akhir alias skr**si. Pertengahan Oktober 2016 akhirnya urus pengajuan judul. Dan ternyata gampang banget urusnya *yaiyalah, judul doang -_-*

Akhirnya mulai susun proposal, bikin latar belakang masalah sudah berasa curhat, masuk ke teori dan konsep langsung bingung. Buka-buka skripsi orang buat nyari referensi, dapat pencerahan dan mulai ngetik. Proposal selesai sampai Bab III, langsung ke dosen pembimbing. Dapat revisian, senanglah hati~

Ternyata ngerjain skripsi *nah kan kesebut!* cuma butuh kemauan dan rajin. Sebenarnya ngga rajin-rajin banget sih, ya ngerasa tenang aja karena sudah ngajuin judul. Walau baru konsul sekali ke pembimbing sejak akhir Oktober sampai Januari, HUAHAHAHAHA.


Sampai akhirnya, mata ini disuguhi *halah bahasamu, Mir* pendaftaran magang bersliweran pas akhir Januari. Di grup kelas, di share dosen di FB, di instagram, sampai di broadcast WA juga ada. Warna flyer magangnya mencolok sih, warna ungu, notabene warna kesukaannya juga *apa korelasinya ya? ._.
 
nih flyer magangnya, aku milih divisi Disfo

Di situ tertulis magang Humas di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI. Jujur, aku ngga tahu apa itu kerjaannya Kemensetneg, dari namanya kok kayak keren wahahaha. Akhirnya kepo dan googling tentang info magang. Pendaftaran ditutup 17 Februari. Sedangkan dapat info akhir Januari.

Ada niat buat daftar? Dikit. Lagian juga sibuk kerja sebagai wartawan dan juga kudu nyelesaikan tugas maha penentu kapan resepsi, yakni skripsi (?) Hingga pada akhirnya memutuskan untuk coba-coba daftar. Seriously! Iseng! Karena emang niatnya pengen ngukur kemampuan diri, bisa ngga magang di sana. Apalagi saingan pasti mahasiswa univ ternama di Jawa, sebut saja UI, Unpad. UGM, IPB, hmmmmm.

Apalagi kan magang di kementerian, dan kementerian itu yang ngurusin Istana Presiden! Kantornya di Jakarta sekompleks dengan Istana Negara dan Istana Merdeka. Puas-puas deh ngeliatin menteri sliweran atau kalau beruntung ketemu Pak Presiden. Akhirnya mendaftarlah cewek super pecicilan ini.

Daftar pas banget deadline, 17 Februari. Itupun sempat pesimis karena ngga dapat surat izin dari Wakil Dekan I alias surat pengantar kampus. Yawislah, toh daftar aja dulu. Keterima enggaknya belakangan, niatnya juga bukan pengen banget keterima.
17 Februari, bener-bener mepet

Waktu bergulir~ nah pas akhir Februari tiba-tiba ada yang nelpon, lupa berapa kali. Nah, si sombong ini sok-sokan dan ngga nelpon balik! Huahahaha. Karena udah lewat 27 Februari dan itu adalah hari pertama magang, ya aku mah selow, berarti ngga keterima.

Eh besok sorenya dapat WA. Dikabarin kalau lolos seleksi magang. Ya kaget dong. Bingung juga. Asli enggak ada persiapan! Tertulis kalau maaf baru ngabarin karena pas banget Kemensetneg ngurus kegiatan IORA 2017 (googling aja apa itu IORA, capek ngejelasin wkkk)

Nah, karena IORA mulai 4-6 Maret 2017, aku disuruh masuk alias udah di Jakarta tanggal 8, jadi tanggal 9 sudah mulai magang. Nah, yang jadi kendala adalah Mamake menolak tegas si sulung ini merantau sekitar 3 bulanan di Jakarta. Yang ada di kepala Mamake, Jakarta itu ya kayak di tipi-tipi yang hingar-bingar, kejahatan, ah keras lah pokoke.

Itu juga belum ngeiyain orang Setneg yang ngabarin. Aku minta waktu dua hari buat mikir *songong* karena emang selama magang akomodasi dan biaya hidup ngga ditanggung. Ya bener-bener mandiri selama di sana, ngga ada sangu juga. Berat ini berat!

Ninggalin kerjaan, ninggalin skripsi, dan ngga digaji. Tapi di sisi lain, pengalaman dan kesempatan yang sama ngga bakal menghampiri *duilee. Tanggal 1 Maret ke kampus, kebetulan ada jadwal konsul skripsi. Akhirnya sekaligus konsul sama dosen pembimbing. Dan dua dospem bilang kalau ngga boleh disia-siakan. Konsul lagi ke kaprodi, beliau juga bilang harus berangkat.

Akhirnya bikin proposal bantuan dana. Alhamdulillah dari kampus ngasih bantuan tiket berangkat. Bersyukur sih. Tapi yang bikin jeng-jeng-jeng adalah aku ngga mau bebanin Mamak dengan minta dikirimin uang bulanan selama di Jakarta. Jadinya, uang tabungan selama kerja dan niatnya buat skripsian serta tabungan masa depan *halah* harus kepake semua buat biaya hidup.
mabebi bala-bala yang nganter ke bandara

Nyesal? Ngga sih. Walau makan selama di Jakarta agak susah wkkk, gapernah sarapan bahkan supaya irit dan bisa pulang ke Samarinda. Untungnya udah beli tiket pulang duluan dan bayar kos 3 bulan setengah. Jadi tinggal mikir setiap hari makan apa. Ya mau ngga mau beli mi instan dengan varian menu nusantara~

Jadi satu di antara ratusan pendaftar mahasiswa se-Indonesia itu warbyaza lah. Dan aku bakal nyeritain kisah selama magang di postingan selanjutnya. Semoga ngga malas nulis, huheheueu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur