Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur


Assalamualaikummmmmm :)

Di postingan kali ini saya mau ngepromosiin hasil kerjaan Ibu saya. Ibu itu orang yang sangat sangat rajin sehingga disebut pengrajin (?) manik dan hasil kerajinan beliau itu berupa hasil olahan manik berupa dompet manik, songkok atau peci, tas manik, sarung pensil, tas jalan, kotak tisu manik sampai taplak meja manik juga ada. Cocok untuk oleh-oleh khas Kalimantan atau juga buat penggunaan pribadi karena memang barang-barang buatan Ibu itu unik dan classy ^^
 
Ini foto tas, namanya tas rotan. Bentuk tasnya macam-macam, ada yang persegi, ada yang persegi panjang dan bahkan juga bulat. Harganya variatif tergantung ukuran.
kalau mau pesen terkadang PO ya
Hasil olahan tangan Ibu itu dijual ke toko-toko souvenir khas kalimantan yang ada di daerah Samarinda seperti di Citra Niaga jalan Aga Khan Award, beberapa toko souvenir didaerah Samarinda dan bahkan sampai ke Kebun Sayur (pusat souvenir khas kaltim) yang ada di Balikpapan.
dompet manik
tas abg
songkok rotan
sarung pensil
kotak tisu (motif dan warna diatas udah nggak ada ya, karna udah terjual, ini contoh aja)
Ini namanya tas sepuk
Tas sepuk juga, motif kepiting dan ada berbagai macam warna lagi

tas rotan
taplak meja manik besar
Ibu sendiri gak punya toko buat ngepasarin hasil kerajinannya, jadinya beliau ke tempat-tempat yang saya sebutin diatas buat ngejual kembali dagangannya, ibaratnya Ibu itu produsen dan toko-toko souvenir itulah distributornya. Dan FYI alias For Your Information, harga yang Ibu tawarkan itu jauh lebih murah ketimbang anda beli ke toko-toko souvenir. Sebagai contoh, kotak tisu manik yang Ibu jual itu harganya cuman 100 ribu aja. Kenapa gue bilang AJA? Karena kalo pergi ke toko souvenir, harga kotak tisu bisa sampe 135rb! Hemat 35 ribu kan? Dan kalo anda belinya banyak, Ibu bisa ngasih harga lebih murah lagi! (min pembelian 10 biji) Gimana? Tertarik? *kedip kedip. Ibu itu bukan pengrajin manik yang besar-besaran, tapi Ibu itu UKM. (*harga kotak tisu hanya ilustrasi)
 
Ini songkok maniknya xD dan ada motif lain
ini beberapa motif dan warna yang bisa kami tawarkan~
Biasanya orang-orang yang mau pergi ke luar kota dan pengen belanja murah, kadang langsung kerumah. Bahkan, karena hasil postingan saya yang tentang manik di blog sebelumnya, sekarang mamake punya pelanggan tetap yang berasal dari Toraja Timur yaitu sebuah toko souvenir yang mana hasil kerajinannya itu buatan Ibu *senyum lebar. Kalo kata orang gaul, ini namanya olshop tapi jenisnya kerajinan gitu, hehe :$ untuk pengirimina keluar daerah Ibu biasanya pake jasa TiKi. Tenang aja, Ibu orangnya jujur kok, trusted olshop!
Ini namanya tas tenteng, motif patung dan biasanya Ibu-Ibu pejabat kaltim pakai tas ini untuk ke acara formal :)
Ini juga tas tenteng :D
Ini tas manik. Dan biasanya yang make tas diatas adalah para ibu-ibu pejabat di kaltim juga. Tinggi tas ini sekitar 35 cm dengan lebar 50 cm'an, dan motif diatas adalah motif patung khas orang dayak.
Ini dia dompet maniknya~ ada yang bertuliskan kaltim juga lohhhh, sangat cocok untuk oleh-oleh :D (dompet dengan tulisan kaltim Model dompet ini ritsleting 2
Nah. Kalo kalo butuh kerajinan khas kaltim khususnya yang terbuat dari manik. Dan berhubung Ibu gak punya medsos, bisa juga menghubungi saya di line: miwamanik, WA: ke nomor 0857 5208 0966~ atau juga yang berdomisili di Samarinda bisa langsung kerumah di alamat Jalan Gunung Tunggal, Loa Bakung, dan tanya saja ke orang "Mama Mira Manik" yang ada di jalan Gunung Tunggal dan insya allah bisa ketemu rumah saya.

Insya allah kerajinan berupa manik yang anda cari ada di Ibu saya huehhehe. Semua hasil kerajinan Ibu saya itu handmade lho :)))) pokoknya lebih miring deh harganya daripada harus ke toko souvenir. Dan satu lagi, manik yang Ibu jual itu buatan Samarinda, karena ada juga buatan banjar. Untuk tahu apa aja yang re-stock langsung aja ya lewat line atau whatsapp, dan untuk nego harga bisa telepon ke nomer Ibu di 0813 4634 0322. Harga juga bisa berubah dan gak sesuai dengan yang tercantum disini karena tergantung dengan bahan bakunya sendiri yang sekarang juga pada mahal dan naik harganya, hehe.

(fyi: motif gambar-gambar manik diatas tidak selalu ada karena pasti sudah ada yang dibeli orang, tapi barangnya pasti ada walau beda motif dan warna ^^ dan kalo mau pesan juga bisa, tapi harus sabar menunggu alias PO, waktu untuk PO sendiri bisa memakan waktu sampai satu bulan)

Komentar

  1. Hi mira,
    wuah hasilnya bagus banget, ini aku juga orang kelahiran Samarinda, netap di Sangatta, kerja di KalSel, dari dulu suka jadiin manik2 kaltim sebagai oleh-oleh, bahkan buat temen di luar, nah aku kepikiran, sekalian pengen bisnis ini, atau jadi distributor, tapi bingung mau mulai dari mana, karna selain sering ngasih oleh-oleh ini, aku memang dasarnya suka kerajinan manik dayak. ungkin kapan2 bisa mampir ke rumah kamu kalo aku lagi cuti, sekalian beli, sekalian nanya2. :D bolehkan yah?
    Yuna

    BalasHapus
  2. Mbaa tinggal dmna? Bisa mnta nomor yg bsa di hubungi? Karna mau tanya2 soal kerajinan yg ibu mba buat . Mau beli karna mau buka toko khusus souvenir

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)