Cowok, Pria atau Laki-laki? Jangan Terus Jadikan Mereka Tersangka dalam Suatu Hubungan!


             
Telpon gak pernah! SMS gak pernah!!! Kamu itu maunya apaaaaa?!! Aku mau kita udahan aja!!!
Apa kesan pertama lo pas ngebaca judulnya? Dan tahukah kalian perbedaan di antara mereka? Padahal pada dasarnya 3 kata di atas memiliki 1 arti yang sama, yaitu orang (manusia) yang mempunyai zakar (jangan pikir kalo gue porno! Itu gue dapet dari kamus besar bahasa indonesia!)

Dan kenapa di KTP itu jenis kelaminnya laki-laki, kenapa gak cowok? Dan kenapa kalo anak-anak muda zaman sekarang ketika mereka mau negur seseorang biasanya mereka bilang “Eh cowok. Boleh kenalan gak?” kenapa gak, “Eh pria. Boleh kenalan gak?”. Dan pernah gak lo denger jargon salah satu rokok yang bunyinya itu “Pria punya selera” kenapa gak “Laki-laki punya selera?”. Padahal ketiga kata tersebut artinya sama! Dan kenapa penempatannya beda-beda? Hmm~ *haruskah gue menggalaukan hal ini?!!!!!

Okeh, yang bakal gue bahas di sini bukanlah kegalauan gue kenapa ketiga kata di atas berbeda penempatannya di tiap kalimat. Yang bakal gue bahas adalah, ada apa sih dengan mereka? Kenapa sih para kaum hawa sering menangisi mereka? Kenapaaaaa? *teriak di bawah hujan

Gue heran, selama gue punya twitter dan sering ngeliat tweet para kaum hawa yang muncul di TL, kebanyakan dari mereka itu isinya adalah tentang COWOK! Dan sebagian isinya lagi adalah tentang gimana sakit hatinya mereka terhadap cowok, serta beberapa yang pengen agar perasaannya dimengerti oleh sang cowok yang mereka sukai. Well, apa sih arti cowok dalam kehidupan para cewek zaman sekarang?

Gue juga kadang benci banget kalo ada cewek yang nyumpah-nyumpah dan menghina-hina cowok di twitter. Sumpahan dan hinaan itu gak lain dan gak bukan karena si cewek kecewa sama cowoknya. Logika deh, cewek dan cowok itu dulunya adalah pasangan kekasih, dan sebut saja si cewek itu Bunga dan si cowok adalah Pot. Pot dan Bunga udah banyak melewati hari-hari penuh bahagia, saling mengasihi dan pokoknya layaknya orang pacaran deh. Terus sekarang, Bunga menyumpah-nyumpah dan mendoakan yang jelek-jelek untuk Pot. Hey! Bunga gak inget apa, masa-masa ketika mereka bersama?

Oke, oke. Mungkin disini letaknya adalah karena Bunga ngerasa kecewa dengan Pot. Mungkin penyebab yang paling umum adalah Pot ketahuan selingkuh dan ternyata selingkuhnya sama temennya Bunga. Tapi namanya juga manusia, selalu punya salah kan? Gak ada manusia yang pure tanpa dosa dan salah.

Dan gue pengen meluruskan hal ini. Bukan! Bukan berarti gue mendukung Pot untuk selingkuh dengan temannya Bunga. Tapi gue pengen agar orang-orang kayak Bunga itu berpikir dulu sebelum melakukan hal tersebut diatas. Gue sebagai cewek juga pasti marah banget kalo sampe cowok gue selingkuh, apalagi kalo sama temen gue sendiri. Pengen banget rasanya gue potong “barang” yang menjadikan mereka sebagai LAKI-LAKI *ups hehe :$

Gak! Gak! Gue gak bakal se-extrem itu! Cewek dan cowok adalah 2 hal yang sangat bertolak belakang. Sering gue denger kalo cewek dan cowok itu ibarat venus dan mars. Gue pernah baca salah satu tweet yang isinya “Man are from Mars, and woman are from Venus. And why we meet on Earth?” gue langsung paham! Cowok dari Mars, dan cuman di Mars mereka berjaya. Cewek dari Venus, dan cuman di Venus juga mereka berjaya. Lalu bertemu lah mereka di Bumi, tempat baru, tempat dimana mereka berdua gak bisa berjaya, kecuali kalo mereka berdua bisa bersatu dan saling memahami :) ya gak? Makanya sering juga kita denger istilah “Kalo udah jatuh cinta, dunia serasa milik berdua. Yang lain cuman ngontrak.” Haha. Ya karena mereka jatuh cinta dan saling memahami.

Indah banget kalo diantara cewek dan cowok bisa saling memahami. Gak hanya cewek yang butuh disayangi dan dilindungi, sebenernya cowok juga mengharapkan hal yang sama. Cuman ceweknya aja yang gak pernah peka dan terlampau menuntut ini itu ke cowoknya. Kunci suatu hubungan agar bisa longlast itu bukan cuman komunikasi yang baik. Tapi menurut gue adalah “kepekaan” kalo diantara 2 anak manusia yang saling memiliki dan mereka saling peka, gue jamin, hubungan mereka bakal jauh dari yang namanya masalah dan putus.

Cowok juga pengen dipahami! Cowok juga bukan manusia yang bisa dengan mudah mengartikan kode-kode dari ceweknya. Cowok bukan manusia intel yang pandai memecahkan kode! Catat itu! Cuman terkadang, cowok lebih sering menggunakan logika dan cenderung memilih ke hal-hal yang lebih pasti dan nyata. Beda dengan cewek yang terus-terusan menggunakan perasaan. Sehingga cewek lebih sering menebar kode. Perbedaan inilah yang sering jadi batu sandungan dalam suatu hubungan.

Dan kebanyakan cewek juga suka banget berpikir kedepan tentang hubungan mereka. Hey girl! Jangan terlalu yakin ;) apapun keyakinan kita diawal, kita juga harus yakin kalo gak selamanya dalam suatu hubungan itu bakal terus bertahan. Itu semua tergantung kepekaan masing-masing kalian terhadap pasangan agar bisa terus ngejaga passion dan komunikasi. Apa yang terlalu kamu yakini dan ternyata gak sesuai harapan pasti efeknya bakal kecewa banget dan sangat mendalam. Gue udah pengalaman banget sama hal ini .__. hehe
Ada salah satu tweet yang pernah gue baca ehh bikin


Bener gak? Dalam suatu hubungan, biasanya si cewek yang terus nyalahin cowok kalo ada apa-apa diantara mereka. Heyyy, itu salah! Cewek gak pernah tahu gimana jadi cowok, dan gitu juga sebaliknya. Jadi jangan sembarangan nge-judge tentang cowok kalo lo gak pernah tahu gimana mereka yang sebenarnya. Walaupun gue sendiri kadang suka mikir kalo cowok itu gak ada otaknya. Karena mereka udah menyia-nyiakan cewek yang tulus sayang mereka. Tapi jauh, jauh didalem hati gue mikir *entah hati apa yang bisa mikir* apapun alasan cowok ninggalin kita yang lagi sayang-sayangnya pasti juga ada kebaikan untuk diri kita dibalik alasan itu.

Kadang juga gue suka aneh kalo ngeliat fenomena cowok yang baru putus udah langsung dapet pacar. Mungkin tweet yang berikut ini bisa sedikit ngejelasin,
 

Hmmm. Cowok emang gak ragu buat mengakhiri suatu hubungan, dia juga gak nyesal udah mutusin ceweknya. Tapi jauh, jauh dari situ, dia sebenarnya masih sayang. Dan kenapa cowok cepet banget dapet cewek baru? Sedangkan pas mereka masih pacaran, si cowok sering bilang “Aku sayang banget sama kamu. Aku gak bisa kalo gak tanpa kamu.” Sedangkan ceweknya masih susah buat move on dan masih suka terbayang-bayang? Kemudian si cewekpun makin jadi buat nyumpah-nyumpahin si cowok ketika tahu mantannya udah punya yang baru. Fenomena ini yang sering bikin gue bingung, kenapa yaa?

Dan gue pun mencoba untuk menjawab fenomena tersebut. Hmm. Seperti kata salah satu adek kelas gue,
 

Cowok lebih mudah untuk mengatakan daripada memberi kode! Itu dia! Gak mungkin kan kalo cowok itu nyebar kode? Kode apa coba? Kode supaya ceweknya peka sama dia? Terus kalo ceweknya peka? Ceweknya bakal nembak tu cowok? Ya gak lah! Justru itu cowok lebih mudah untuk bilang langsung, beda dengan cewek yang curhat kesana-kemari sampe satu sekolah tahu tapi ternyata cowoknya gak suka, jiahhhh, mati aja luuu -_- dan itu juga kenapa cowok lebih cepet move on! Karena cowok gak suka cerita-cerita, jadinya gada temen yang ngepoin hubungan mereka. Sehingga si cowok bisa lebih tentram dan perlahan lupa. Lha cewek? Cewek kan mulutnya banyak, jadinya begitu dia udahan, pasti temen-temennya pada terus ngepoin si cewek. Mau gak mau, si cewek jadi cerita dan bakal terus cerita kalo ada yang nanya, karena keseringan cerita, jadinya keinget mulu dan susah deh move onnya -_______-

Kalo cowok udah ngerasa nyaman dengan cewek, dia bakal langsung jujur kok. Tapi dia butuh keyakinan dulu, dan untuk yakin, dia butuh waktu. Dia butuh waktu untuk tahu apa bener cewek yang didekat dia sekarang itu bener-bener yang terbaik dan bakal ngebuat dia ngerasa nyaman terus. Tiap cowok itu punya kriteria berbeda tentang cewek kayakmana yang bisa ngebuat dia ngerasa nyaman. Ada cowok yang suka dengan cewek cerewet, karena menurut dia, cewek cerewet itu care dan perduli dengan si cowok. Ada juga cowok yang suka dengan cewek manja, karena ceweknya manja, si cowok jadi ngerasa kalo dia disayangin. Ada juga cowok yang suka dengan cewek konyol yang gak tahu malu buat bertingkah, si cowok jadi ngerasa bahagia setiap berada didekat cewek konyol. Tiap cowok punya kriteria yang beda-beda terhadap cewek untuk dijadikan pasangan. Tapi yang pasti, cowok selalu nyari cewek yang bisa ngebuat dia ngerasa comfortable. Just as simple like that :)

Jadi, jangan terus-terusan jadikan cowok sebagai tersangka dalam berakhirnya sebuah hubungan. Cewek gak akan pernah bisa memaksakan apa yang udah jadi keputusan cowok. Jangan pernah berpikir kalo gak ada cowok baik didunia ini, karena sebenarnya cowok baik itu selalu ada dirumahmu, dia itu ayahmu :)

Buat cewek, jangan pernah menuntut untuk selalu dimengerti oleh pasangannya tanpa pernah bisa melakukan yang sebaliknya ^^ Cowok bukan CIA, FBI ataupun detektif conan yang bisa mengartikan kode-kode dari cewek. Saling peka, ngerti dan yakin deh, hubungan kalian akan abadi :D

Komentar

  1. Kalau cowok itu rasanya lebih enak untuk anak muda yang lagi gaul
    Kalau laki lebih terasa keperkasaannya (pikirannya jangan ngeres!!)
    Kalau pria lebih formal, seperti akte kelahiran, KTP, SIM dan sura Nikah saat di KUA.

    Bila wita sering updates status, atau berkicau tentang cowok di twitter itu kan normal. Lelaki pun demikian, para ribut memikirkan wanita. Yang abnormal justru kalau cewek memikirkan cewek, cowok memikirkan cowok... benar kan??

    Perbedaan penting cowok dan cewek itu sebenarnya mudah. Kalau cewek pinginnya ingin “di-” diperhatikan, dimanjain, dibelikan makanan, di dan di.... sedangkan cowok ingin memperhatikan, memanjakan, membelikan dst... ini kata desas desus lho...

    Cewek itu memilki daya kelekatan yang luar biasa. Ia lebih senang berkumpul denngan teman-teman, kalau cowok itu maskulin yang idealis, dan logis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *menyimak*

      tapi zaman sekarang gak semua kayak gitu bang -___- cowok juga maunya diperhatiin, dimanjain dan di-di sebagainya~~

      ribet cinta-cintaan zaman sekarang nih -_- haha

      Hapus
  2. kalo ribet2 mending jadi hermaprodit aja ah...

    BalasHapus
  3. Hihi, aku gak pernah kepikiran sama pertanyaan macem ini :D
    mungkin, karena pengalaman aku kurang, ya? Mungkin :p

    salam kenal, roro *ajak salaman*
    aku gyerz juga :D
    exchange of energy! (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahah, ini yang ada di sekitar aku~ -_- terinspirasi dari curhatan-curhatan temen

      salam kenal juga :3 *ambil salamnya* *LHO?
      huyeah! (y)

      Hapus
  4. Hihi, aku gak pernah kepikiran sama pertanyaan macem ini :D
    mungkin, karena pengalaman aku kurang, ya? Mungkin :p

    salam kenal, roro *ajak salaman*
    aku gyerz juga :D
    exchange of energy! (y)

    BalasHapus
  5. Iya iya!!! Bisa Jadi Bisa jadi!!!

    Ribet cinta-cintaan? ya udah nunggu dewasa lalu taaruf ajaa :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidakkkkkkkkk!!!! *ini main eat bulaga kan? .__.

      asek :3 nunggu dewasa?
      ikut pepatah lama aja, kalo jodoh pasti ketemu :D
      kan tiap tiap kita udah ada pasangannya :3

      Hapus
  6. wa...... tetep cowok yang salah, iya cowok yg salah!!! "apasih"
    ya kita sbg cewek ending intropeksi dlu aja kali ya.. susah juga sih kalo dalam posisi seperti itu Roro

    eh udah ku folbek, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. duhhhh, segitunya mbak mei :3
      pernah dikecewain ya *ehhh :p

      oke :D
      salam kenal jugaaaaa *teriak pake toak

      Hapus
  7. initinya mah cowo bukan satu2nya yang harus di salahka, walopun pepatah kuno jaman dinosaurus berkata 'salahkan bapa yang punya buru", oke makin ngaco gue.

    intinya 'lagi' , jangan salahin cowo lah, gue juga pernah posting kaya begitu entah mungkin kebetulan intinya sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. cie yang udah lahir pas zaman dinosaurus kuno *eh ._. :p

      hahaha
      berarti kita sehati bang~
      saya kasian juga sih sama banyak cowok yang disalahin mulu sama ceweknya, hmmm

      Hapus
  8. kdang emg cewek terlalu egois, apa-apa nyalahin cwok...
    harusnya bisa saling ngerhargain sih...
    toh klo dlm suatu hbungan, smua hal gak spenuhnya salah cwok...kn hbungan djalani berdua, jadi pasti kesalahan jg jadi ksalahan brdua...cuman porsi besar-kecil-nya kesalahan aja yg beda...ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini! ini mbakkkk! :D
      setujuuuu!

      ohya, salam kenal ya mbak :D
      saya baruuu, hihi :3

      Hapus
  9. Ya sebenernya tergantung orangnya sih. Nggak semua cewek selalu nyalahin cowok. Dan ada juga kok cowok yang selalu nyalahin cewek kalo berantem/putus. Semua itu tergantung orangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi biasanya cewek gamau disalahin mbak ._.

      yahh, memang tergantung sama tiap individunya sih ._.

      Hapus
  10. Yeaaaaaaaaaaay! Tumben ada cewek yang ngebelain cowok. Walaupun yang diungkit itu sisi buruknya. Hahahaha. Bener tuh, ga semuanya salah cowok. Pokok-nya cewek juga salah. Gamau tau, titik. Emang cewe aja yang mau dimengerti, cowok kan juga. Huh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeahhhh! \m/
      hohoho :3

      duh, lu mau komen apa curhat sih bang? :p heheh

      Hapus
  11. Setiap hubungan akan terjalin baik dengan saling pengertian. So antara cewek ataupun cowok intensnya sama untuk saling introspeksi diri^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul ituuuu! hidup Linaaaa yeahhh *lho ._.

      Hapus
  12. laki2.. cowok dan pria memang berbeda meski semuanya berjenis kelamin sama. laki2. tapi cowok dan pria jelas berbeda.. yg namanya cowok belun tentu dewasa.. masih sering main2... belum menentukan arah kedepan sedangkan seorang yg dikatakan pria itu sudah tntu dewasa.. sdah menentukan hal2 serius untuk hdpx serta bertanggungbjawab makanya lebih sering kita dengar ungkapan pria sejati.. well mengenai kesalahan it tergantung sih dr cow atau cewnya.. yg penting sih jangan saling menyalahkan.. liat diri masing2 aja dl

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh kata-katanya :") hohoh

      zaman sekarang kehidupan percintaan makin rumit -____- hmmm

      Hapus
  13. ini cewe apa cowo sih yg nulis? ngerti bgt sifat2nya cowo. pernah jd cowo ya mbak? *ups
    cewe itu nge-betein, tapi dibutuhkan. nahloh, bodo amatlah. kalo udah ga bisa diatur ya buang aja!

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahah, bukan pernah, tapi saya hidup diskitar cowok *loh ._.

      nahloh, ngebetein tapi dibutuhkan? gimana ituu? :o
      hahha, jahat amat bang langsung main buang -___-"

      Hapus
  14. entahlah.. gue kurang suka sama teori, apalagi yang soal cinta-cintaan.. Tapi, bolehlah :D saya menikmati juga bacanya, pria, lelaki, cowok. Emang sama, tapi beda umur kayaknya?

    Terus yang soal cowok lebih suka ngomong, itu tergantung orangnya..
    dan juga, gak semua cowok itu gak pekaan. Yang gue tahu dari survey gue sendiri, mereka sebenernya bisa menangkap semua kode. Bahkan sudah bisa nerjemahin. Tapi ya gitu, kode ya dibalas kode.. si cowok bales ngasi kode, eh si cewek gak peka -_- yaudah. entahlah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini! kode dibalas kode! hahaha
      cewek kan maunya langsung, tapi dia suka nebar kode. Entahlah, cewek itu rumit --___-- haha

      Hapus
  15. aduh Ro, kalo soal cowok sama cewek gue nggak ngerti deh ya, duh Ro gue bingung mau komen apaan yak...-.- gue bener bene lagi blank soal hubungan antara mau cowok mau laki laki atau pun pria sama yan namanya mau cewek, perempuan atau pun wanita...@.@ folbek yak Ro @.@

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahahha, gamau repot si mbak :p

      udah mbakkkk :D salam eknal eh kenal yaaaa ;)))

      Hapus
  16. si roro itu nama malemnya siapa yak--" kok ngerti sih.. iya emng bener tulisan ini ro gue pengalaman bet pas hubungan selalu dan selalu disalahkan-__________________________--

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha, puk puk ya Aji :p
      gue sebagai cewek ngertiin kok, kenapa ya selalu cowok yang salah? padahal kan gak melulu cowok yang salah

      nama malem gue Raden .-. hahah

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)