OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Lambang OSIS yang memiliki banyak makna. Satu yang gue suka adalah makna dari kunci pas yang artinya "alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan" karena di OSIS gue diajarkan untuk bisa "memahami" masalah yang ada.

Kali ini gue mau nge-share tentang pendapat-pendapat mereka yang menjadi pengurus OSIS maupun MPK yang berasal dari 3 angkatan. Yang pertama yaitu dari angkatan gue, angkatan 2011/2012. Kemudian angkatannya Muha, angkatan 2012/2013 dan angkatan dibawahnya Muha, angkatan 2013/2014 yang masih belum punya jabatan karena belum ada LK. Soo, jabatan mereka gue kasih keterangan dengan jabatan pertama mereka aja ya. Hehe.


Pendapat-pendapat dibawah ini gue kumpulin via sms dan beberapa juga gue tanya langsung ke orangnya :$ hehe. Dan alhamdulillah, respon mereka-mereka yang gue tanyain pada baik-baik semua. Bahkan ada yang excited banget pas gue tanyain. Walau ada sih balesan sms dari Hasbi yang bikin gue ngakak -__________- dan sms balasan dari Fachri juga sampe 3 sms (ini anak semangat banget nge-diskripsikan OSIS ke gue, huehehe). Dan bahkan si Dhea udah kayak cewek paling bahagia karena bisa jadi pengurus OSIS. Hahahaha. Gue seneng banget~ :) hohoho. Thankiss ˘)ง˘)ε˘`) sekali lagi buat nama-nama dibawah ini yang mau meluangkan waktu dan pikirannya karena ngeladeni pertanyaan gue tentang “Apa itu OSIS/MPK menurutmu?”. Hohoho~

(OSIS & MPK periode 2011/2012)
Arief Budiman (Ketua Umum MPK)
“Menurutku, MPK itu suatu organisasi yang mampu bekerja sama dengan organisasi lain agar mampu menciptakan suatu yang kuat dan baru.”

Debby Apriliana Obos (Sekretaris OSIS)
“OSIS itu sekumpulan orang yang memiliki sifat, sikap dan perilaku yang berbeda-beda tetapi memiliki satu tujuan bersama. Bukan sekedar itu, OSIS juga tempat dimana kita menemukan saudara baru dan keluarga. Sedih senang, pasang surut dirasakan bersama. Tempat dimana untuk kita belajar mengerti satu sama lain, memahami sifat dan karakter orang yang berbeda-beda. Indahnya kebersamaan kita.”

Septiana Shandy Pertiwi (Koordinator sekbid 1)
OSIS? Apa ya? Menurutku, OSIS itu suatu wadah atau media kerjasama dan berjejaring yang diurus oleh murid-murid terpilih yang memberikan inspirasi dan aspirasi untuk mengembangkan potensi serta partisipasi aktif dalam membantu menjalankan program yang ada didalamnya. Di OSIS, kita juga diciptakan untuk bisa mempunyai jiwa pemimpin. Kita bisa hidup memimpin diri sendiri, bisa mempertimbangkan hal-hal yang ganjil dan menggenapkan hal yang ganjil itu. Dan yang paling penting, kita semua bisa memahami apa itu pentingnya kebersamaan dan kekeluargaan. Ya gak?

Maulia Maghfiroh (Koordinator sekbid 2)
Tempat berkumpul pelajar-pelajar yang bertujuan sama untuk menjalankan program-program kerja

Coni Laras Sari (Anggota sekbid 3)
“OSIS itu membanggakan! Aku bangga ditanya ‘Kamu anak OSIS ya?’ dan aku bangga punya temen-temen OSIS kayak kalian (angkatan 2011/2012)”

Tri Atika Rahayu (Wakil Koordinator sekbid 5)
“Menurut aku, OSIS itu bukan cuman sekedar organisasi yang cuman bisa ngejalankan event-event di sekolah, tapi OSIS adalah sebuah organisasi yang bisa mengajarkan kita untuk bisa menjadi seseorang yang lebih bertanggung jawab atas tugas yang kita emban. OSIS juga bisa membuat aku lebih dewasa dan lebih bisa menghargai pendapat orang lain.”

Ayu Annisa (Koordinator sekbid 6)
OSIS itu perkumpulan orang-orang yang gak ada kerjaan di rumah tapi tetep punya tanggung jawab dan punya rasa persaudaraan yang sangat tinggi

Apriliani (Anggota sekbid 7)
“Menurutku OSIS itu suatu organisasi yang bener-bener berasa kekeluargaannya. Bukan cuman organisasi, tapi juga suatu rumah buat kita ngerasain suka duka bersama seperti suatu keluarga.”
 
Seluruh pengurus OSIS periode 2011/2012 dan periode 2012/2013

(OSIS & MPK periode 2012/2013)
Dofi Wijaya (Ketua Umum MPK)
“Kalau menurut saya, MPK itu sama kayak OSIS. Disini kami sama-sama menjalankan kegiatan apa yang dilakukan OSIS, ikut rapat OSIS juga. Saya MPK tahu masalah di OSIS, di OSIS belum tentu tahu masalah di MPK. Menurut saya begitu, MPK dan OSIS sama. Disini kita 1 organisasi, bukan organisasi dalam organisasi. MPK itu cuman berbeda proker aja dengan OSIS, tetapi tujuannya sama kak.”

Yuliana Kalsum (Sekretaris MPK)
“Menurut saya, MPK itu organisasi sekolah yang membantu OSIS dalam menjalankan prokernya. Seperti mengkritik atau kasih saran gitu sama proker OSIS. Dan MPK juga sebagai sarana curhatan anak OSIS kalo mereka ada konflik pribadi. Nah, disitu MPK juga membantu agar hubungan anak-anak OSIS baik-baik aja.”

Mohamad Mansur (Ketua OSIS)
OSIS itu suatu tempat dimana saya diajarkan untuk berbicara, memecahkan masalah, mengendalikan emosi, menyatukan pendapat, berfikir dan bertindak serta menjadi saya yang sebenarnya.

Adi Sucipto (Wakil Ketua OSIS)
OSIS itu Organisasi Siswa Intra Sekolah. Tempatnya para pemimpin muda berkumpul untuk menyatukan pendapat, gagasan maupun aspirasi mereka guna memajukan sekolah.”

Andi Rosmala Dewi (Wakil Koordinator sekbid 4)
“OSIS itu organisasi. Beraneka ragam manusia yang berkumpul jadi satu untuk mewujudkan Visi dan Misi.”

Robby Suhadi Putra (Wakil Koordinator sekbid 7)
OSIS itu adalah sebuah organisasi yang ada disekolah untuk membantu sekolah dalam menjalankan program kerja dan OSIS itu juga adalah tempat anak-anak mengapresiasikan ide-ide yang mereka punya untuk mencapai keinginan dan tujuan bersama.

Chairul Zakaria (Koordinator sekbid 8)
“OSIS itu Organisasi, dimana sejumlah siswa/siswi yang ada didalam lingkungan sekolah berkumpul untuk menyatukan pendapat dan berusaha mencapai tujuannya.”

Yunda Hestya Saputri (Wakil Koordinator sekbid 9)
“Menurut saya, OSIS itu tempat belajar. Tempat belajar mandiri, berani, berbagi, memahami, mengerti, konsistensi, tapi yang pasti sih belajar berpikiran dewasa. Dikelas nggak semua itu bisa kita dapatkan, tapi di OSIS sudah pasti. Kalau tentang OSIS itu nggak ada habisnya kak buat didefinisikan.”

Nanda Mellyawati (Anggota sekbid 10)
“Menurut saya, OSIS itu segalanya. Terus, OSIS itu rumah ketiga saya. Rumah dimana saya bisa senang-senang dengan anggota OSISnya itu sebagai keluarga saya *eh, nyambung gak ya?* ya pokoknya gitu dah kak.”
 
Seluruh pengurus MPK periode 2011/2012 dan periode 2012/2013. Sengaja gue masukin yang ada gue-nya :p hehe, numpang ngeksis boleh dong ya :$

(OSIS & MPK periode 2013/2014)
Fitria Ma’ratus Solihah (Wakil Sekretaris MPK)
“MPK itu menurut saya organisasi yang tugasnya mengawasi, memberi saran, kritik dan solusi kepada OSIS, bisa pada saat praktek kerja atau pada saat LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) untuk bahan evaluasi. Istilah kerennya sih tempat curhat, walaupun terkadang juga OSIS jarang curhat langsung gitu.”

Hasbi Yahya (Ketua Komisi A MPK)
“MPK itu kakaknya OSIS.”

Andi Amalia Anggraini (Anggota sekbid 2)
“Menurut saya, OSIS itu organisasi yang memerlukan kerjasama untuk melakukan kegiatan tertentu yang menciptakan kebersamaan antar anggota. Itu aja yang saya tahu.”

Andi Kurnia (Anggota sekbid 3)
“Menurut saya, OSIS itu wadah atau tempat dimana kita membina dan dibina. Dan sebagai tempat menggali pengetahuan dan wawasan tentang bagaimana memahami dan mempelajari organisasi di sekolah. Di OSIS juga merupakan salah satu tempat untuk dapat membentuk jiwa kepemimpinan. Itu sih menurut saya kak.”

Dhea Putri (Anggota Sekbid 6)
“OSIS itu organisasi yang paling saya suka kak. OSIS ini mengajarkan saya gimana arti kebersamaan, sedih susah senang sama-sama, sepenanggungan dengan teman-teman dan tanggung jawab. Menguatkan mental juga kak, saya di OSIS bener-bener strong loh kak, mana saya juga jadi PD. PD punya temen banyak, PD jadi pemimpin, PD ngomong di depan orang banyak. Pokoknya OSIS itu udah yang paling dipikirin deh kak, saya orangnya gak pernah PD kalau dekat banyak orang, tapi di OSIS sekarang saya berani berbaur, punya banyak temen, pokoknya seneng banget deh bisa gabung di OSIS ini. Seneng, seneng, seneng! Pokoknya OSIS itu its my life. Tes mental walaupun di-bully gimanapun juga gak bakal keluar OSIS saya kak, karena emang OSIS itu nyenengin. Briefing, interview, evaluasi dan apalagi event itu yang paling ditunggu-tunggu kak!”

Kharisma Hariyani (Anggota sekbid 7)
“OSIS menurut saya itu adalah suatu wadah dimana siswa bisa mengembangkan kreatifitas para siswa dan belajar bertanggung jawab juga melatih kepemimpinan dan keberanian. Itu aja kak.”

Fachrizan Elvadin (Anggota sekbid 10)
“OSIS itu ialah tempat seseorang mempelajari cara berorganisasi dan cara untuk meningkatkan sikap dan sifat pemimpin yang memang ada pada diri kita. Dan OSIS membantu untuk membuat karakter pemimpin, mempelajari kerjasama, serta melatih menghilangkan sikap egois dan keras kepala, contohnya: seperti rapat, dan itu akan membuat kita menghargai pendapat bersama dan tidak menjunjung tinggi pendapat sendiri-sendiri atau masing-masing. OSIS juga adalah wadah untuk para aspirasi dan inspirasi dari siswa yang pendapat dan jalan pemikirannya masing-masing berbeda yang bisa disatukan dalam OSIS tersebut. Mungkin sisanya saya masih lupa, tapi sekian dan terima kasih. Maaf jika ada kata-kata yang salah yah kak.”

Pendapat mereka semua sama, hanya berbeda penyampaian dan bahasa. Intinya, MPK dan OSIS adalah organisasi yang ada di sekolah yang mana semua pengurusnya bersama-sama untuk melaksanakan semua program kerja dengan penuh tanggung jawab, bertujuan untuk melatih kepemimpinan didalam diri dan organisasi ini sangat menjunjung tinggi kekeluargaan ^^
Dan semoga dengan adanya berbagai pendapat diatas. Kalian yang ngebaca dan kebetulan sedang tergabung dalam suatu organisasi entah OSIS, MPK, PMR, IRMA atau BEM sekalipun. Kalian semua dapat lebih memaknai bahwa setiap organisasi itu dapat mengajarkan kita tentang kemandirian dan juga bagaimana bisa bersosialisasi dengan orang-orang sekitar yang tentunya memiliki perbedaan prinsip. Organisasi menjadikan kita lebih mampu berpikir kritis dan benar-benar menghargai setiap pendapat orang. Bagaimana menyatukan begitu banyak pendapat untuk satu tujuan itu tidaklah mudah. Tapi di dalam organisasi, hal itu yang sering kita lakukan dan salah paham sering kali terjadi. Tergabung dalam sebuah organisasi akan sangat susah dijalani jika tidak didasari niat yang tulus dari hati. Dan berikut adalah quotes gue tentang organisasi~
"Bagaimana saling mengerti dan saling memahami antar sesama. Maka akan tercipta kebersamaan bagi semua."



Komentar

  1. Aku gabung OSIS tapi ga ngerasa kekeluargaan disana. Sedih deh haha aku sekretaris tapi pas keluar surat tugas ujung-ujungnya cuman di dokumentasi. Gapernah ada rapat evaluasi, rapat selalu mepet sama kegiatan, ruang sekretariat gaada. Huhu kok jadi curcol yaa. thanks udah berbagi kak! Jadi ngebayangin gabung osis yang bener2 organisasi wkwk #apasiii hmmm masih ada 1 peiode lagi buat ngikut osis, menurut kakak aku perlu daftar lagi gak ya? tapi aku udah bilang ke temen2 buat gak pengen gabung osis wkwk sad dah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)