Si Penyelamat Pasien di Mata Pengejar Deadline

Well, tulisan ini hadir bukan karena ada udang di balik tepung atau utang di balik senyum *apasih -_-* ini pengalaman gue selama kurang lebih setahun jadi wartawan alias pengejar deadline. Gue wartawan di salah satu harian lokal Kaltim. Bukan wartawan sewuah yang kalian kira, hanya wartawan dengan beat lifestyle :’) hehe. Kerjaannya tiap mingguan. Kadang ngisi halaman harian kalo senggang. Huehehe

Rumah sakit dan klinik jadi teman akrab. Sebab beberapa narasumber gue itu dokter. Masih inget banget, liputan dokter pertama itu ke dokter saraf men! Gue, si cewek yang mungkin beberapa sarafnya putus ditugaskan nemuin dokter saraf. Kewl! Kalau ngga salah itu Februari tahun lalu.
lorong yang bikin merinding kalau hari udah sore-sore manja~
Perjuangan penuh derita dan doa untuk nemuin dokter saraf. Gue orangnya pemalu! Banget! Serius ini! Gue udah nyampe di RSUD Abdul Wahab Sjahranie (AWS) siang pulang kuliah. Udah duduk di depan pintu poli saraf. Cuma diem, merhatikan banyak pasien yang silih berganti.
Kampret! Kok gue takut! Akhirnya cari aman dengan pergi ke klinik aja. Nyampe sana juga di-PHPin. Dokternya belum datang kata mbak-mbak yang jaga. Posisinya itu malam jam 7-an. Sedangkan jam 12 malamnya itu deadline yang artinya garis kematian! Jeng-jeng-jeng.
Sejam. Dua jam. Tiga jam. Si dokter muncul. Hamil besar rupanya. Beliau jalan agak tertatih. Masuk ke ruangan. Gue lagi-lagi diem. Takut! Huahahaha. Setelah satu pasien masuk. Gue beraniin ketuk pintu. Ealah! Si dokter udah mau pergi aja. Dia bilang kalau gue nemuin dia ke RSKD alias Rumah Sakit Kejiwaan Daerah. Tempat dia kerja besok.
Lobi-lobi sama abang redaktur. Akhirnya dibolehkan untuk telat deadline sehari. Waktu itu liputan gue tentang penyakit stroke dan jantung. Kesan yang gue dapat dari dokter pertama luar biasa. Gue berasa jadi wartawan palings bego sedunia.
“Sebelumnya, mbak tau dong stroke itu apa kan?” kata Ibu Dokter. Gue ngangguk lemes. “Apa coba?” lanjut Bu Dokter. Gue melongo. “Eh, itu dok. Penyakit saraf, yang nyerangnya tiba-tiba,” jawab gue ngarang bebas berdasarkan pengalaman.
“Ah kurang banyak baca nih,” imbuh dokternya. Gue cuman bisa he he he doang. Hahahaha. MAKANYA JADI WARTAWAN BANYAK BACA DONG! Lanjut ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Dokternya baikkkkkkkkkkkk banget. Rasanya pengen gue jadiin bapak kandung. Haha. Pembawaannya kebapakan banget. Ngejelasin detail walau pada akhirnya gue tetep ngga paham dan searching ulang. Wahaha.
Well. Itu beberapa pengalaman ketemu dokter. Kebanyakan sih dokternya baik. Beberapa aja yang zahara :’) gue dipojokin. Ada dokter yang lebih banyak cerita pengalaman dia dengan hobi ketimbang apa yang gue tanyain.
menunggu dokter itu kayak nunggu jodoh, kudu sabar dan tawakal. alih-alih langsung ketemu, paling sering dicancel tiba-tiba karena ada urusan urgent :')
Ada yang pengen diwawancara mulu. Ada yang malu-malu nolak tapi ngehubungin juga akhirnya :’) yang kalem dan ketawa mulu, yang nanyanya soal apa, bahasnya malah soal fakultas kedokteran. Ini pengalaman waktu wawancara dokter yang juga dosen. Tapi seru sih, gue jadi tahu gimana prosesnya menuju dokter. Luar biasa! keren!
Sekarang sih malah ngga tahu malu keluar masuk RS. Petantang petenteng bawa hape dan buku catatan kecil. Nunggu bentar di kursi tunggu. Sms dan ngabarin “Dok saya di depan.” Terus beberapa menit kemudian. “Mbak Roro dari Kaltim Post, pintu 3.” Hahaha. Terus disenyumin sama para koas ganteng, haha, ditawarin minum sampe paket perjalanan umrah *loh
Pernah. Wawancara dokter kulit. “Mbaknya ini tipe kulit yang alergi,” kata si dokter pas gue baru aja duduk di depannya. Gue berasa denger vonis penyakit. Pak Dokter ngomentarin jenis kulit gue. Alis, kulit wajah, kantong mata. Cuma bisa diam. Pulangnya? Gue langsung beli pelembap kulit yang disaranin si dokter. Hahaha.
Di mata gue, para penyelamat pasien itu mulia banget. Pernah. Gue nyamperin dokter yang mau gue wawancara di instalasi bedah sentral. Hmm, disuruh nunggu di depan sih tepatnya. Masuk ke ruangan itu hawanya serem banget. Aroma khas RS bikin lutut gue lemes. Serba putih. Hening. Pakaian gue paling mencolok di ruangan itu. Merah cuy! Haha.
Sendirian men! Berasa syuting sinetron terus tiba-tiba si dokter keluar ruangan dengan wajah sendu, ngabarin kalau operasi gagal *oke, gue kebanyakan nonton sinetron*
melewati pintu itu, siap-siap hidung ente terbius aroma yang bikin mabuk dan merinding disko! ini pintu masuk instalasi bedah sentral, tempat para dokter operasi pasien
Ngga lama hape gue bunyi. Ternyata si dokter minta maaf kalau ternyata dia ada pasien dadakan yang musti ditangani. Gue maklum. Bersyukur malah. Parno abis disuruh nunggu. Ngacir dan rasanya bau ruangan tadi masih nempel di hidung. Ah serem :’)
RS itu identik dengan air mata menurut gue. Entah suka maupun duka. Ngga kebayang gimana mental para dokter ketika ngga berhasil nyelamatin pasiennya. Gue pernah lihat temen yang entah diapain pokoknya dilubangin di sisi kiri badannya untuk dimasukin selang untuk ngeluarin cairan di paru-parunya. Rasanya dunia kayak berputar.
Gue juga ngga bisa nyalahin dokter ketika cancel janji tiba-tiba. Ada nyawa yang berusaha mereka selamatkan saat itu *tsah. Pernah, gue dibawa keliling RS sama staf humas. Ketemu dokter-dokter koas ganteng dan cantik, tapi tetep cantikan gue dong! *karena pede ngga ada batasnya hahah*, eh sori salah fokus.

Ketemu perawat yang lari-lari kecil. Terus ada dokter yang di depannya ikut lari. Ada keluarga pasien yang nangis-nangis, teriak-teriak sampe sesenggukan. Terus ngelewatin ruangan pasien korban kecelakaan. Alamak. Lemes lutut. Pulang dari situ. Gue hati-hati banget ngendarain motor. 20 km perjam kayaknya :’)

Belum lagi. Dokter itu rentan ketular penyakit dari pasiennya. Sharing-sharing sama dokter. Tentang masa kuliahnya. Seru memang. Tapi lamaaak! Kuliah untuk dapat S.Ked minimal 4 tahunan lah, terus kudu koas alias profesi 2 tahun biar ada gelar dr di depan nama. Habis itu ada yang namanya masa PTT atau pegawai tidak tetap, itu belum ngambil spesialis. Ahhh, panjangnyaaaa~ kapan nikah kalau gitu? *eh
Sekarang punya temen beberapa calon dokter dan dokter. Maka ngga heran kalau gue juga tahu beberapa istilah kecil tentang dokter. Makanya bisa sambung-menyambung kalau ngobrol sama dokter. Ngga melongo bego kayak di awal-awal gue wawancara dokter. Yah pengalaman kalau gue pernah bego, haha. Dokter jantung? Kulit kelamin? Saraf? Urologi? THT? Tulang spesialis tulang belakang? Penyakit dalam? Anak? Gigi? Ahli gizi? Mau apa? Hehe *sombong
temen-temen calon dokter pas gue (LPM Sketsa) kunjungan ke sekre mereka
Wahai para dokter. Kau mati-matian nyelamatin pasien, gue mati-matian deadline. Kau pejuang kesehatan, gue pejuang kebenaran. Kau dikejar-kejar pasien, gue ngejar-ngejar narsum. Gue kucel berdebu di jalanan, kau hilir mudik berganti ruangan. Ah intinya kewl!
Kayaknya asyik punya pasangan dokter. Tapi risiko juga besar :’) rentan ditinggal pergi ketika ada panggilan mengobati *apadah. Ada satu yang bikin gue sukak banget. Ketika ngobrol sama dosen di fakultas kedokteran kampus gue. Beliau bilang kalau sebelum jadi dokter itu ada UN-nya. Ngerjain 200 soal dalam waktu 100 menit. Mendidih tu otak :’) kalau gue udah kejang-kejang itu.
Terus para calon dokter itu juga kudu nyelesein kasus di 12 ruangan. Setiap kasus 15 menit. Mulai dari penanganan luka bakar, edukasi kencing manis, penanganan pasien gangguan saraf dan case-case lain pokoke. Ah keren! Apalagi pas wawancara sama dokternya di gedung pusat keterampilan medik, daku disenyum-senyumin mulu sama mahasiswa di sana. Ah sopan-sopan banget ye para cado-cado :3 semangat gali ilmunya ya para calon dokter! Tingkatkan taraf kesehatan Indonesia! Salam pis lop en gaul dari wartawan cengengesan!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)