Jangan Musuhi Barang Pemberian Mantan

ini dia!
    Ide untuk menulis cerita ini terbesit tiba-tiba pas gue lagi ngelipatin pakaian. Karena pakaian yang baru diangkat dari jemuran gue taruh di atas ranjang, nah dengan asal gue dorong biar jatuh ke lantai terus mau dilipatin. Lagi asyik, ada si mungil stitch yang kepalanya nyembul dari balik pakaian. Rupanya dia terseret dari atas ranjang.

    Gue langsung senyum. Itu barang pemberian mantan adek kelas gue. Hadiah ulang tahun ke-18. Masih inget. Inget banget. Boneka itu nyampai ke rumah tanggal 24, dua hari setelah gue ulang tahun. Terbungkus rapi di dalam kotak hadiah. Isinya boneka itu, belajar praktis matematika (waktu itu gue kelas 3 dan gue paling benci mateMATIka! Kebalikan dari dia yang jago bgt!), empat action figur stitch dan novel. Dia datang sore-sore. Mukanya lusuh habis pulang magang.

    Barang yang pure dari dia itu boneka stitch dan buku kiat praktis tadi. Barang sisanya dari temen-temen dia yang juga kenal akrab sama gue. Nah. Semenjak gue udah nggak bareng lagi sama dia. Semua tentang dia gue hapus. Nomer hape. Twitter gue unfoll bahkan sampai block. Hapus semua chat dan coba mereset semua kenangan bareng dia. Termasuk si buku yang adem ayem di lemari. Ngga pernah gue sentuh bahkan gue pelajari.

    Enam sticky notes romantis yang nempel di kotak hadiahnya yang dia kasih juga udah gue coret-coret dan gue remek-remek kemudian berakhir di tempat sampah. Sudah hampir tiga tahun lalu. Pada 2015 lalu, boneka itu hanya teronggok di sudut kamar. Bersama tumpukan kotak hape, kotak jam, dan kotak baterai laptop. Dibiarkan.

    Berdebu. Tersimpan rapi di dalam kotak bonekanya. Semakin ke sini semakin ngerasa bocah aja kalau dibiarin gitu aja. Boneka itu salah apa? Bonekanya ngga ngapa-ngapain. Yang salah orangnya. Apa pantas kita ikut membenci barang pemberian darinya?

    Di film-film sering banget gue lihat adegan orang pacaran berantem yang berakhir untuk saling ngembaliin barang-barang yang udah dikasih. Bahkan barang pemberian mantan dibuang, sampai dibakar segala. Kasian banget :( barang itu dibeli dengan perjuangan loh :”
tampak belakangnya. itu kalo ritsletingnya dibuka, dalemnya ada baterai, speaker dan kabel-kabel kecil. kalau tangan kanan si boneka dipencet, bakal ada lampu kelap-kelip di kepalanya. itu tandanya lagi ngerekam. tapi sayang... ah
    Kita ngga pernah tahu si dia beliin kita boneka, buku, baju, jam tangan, tas atau apapun itu pakai perencanaan yang panjang dan ribet. Apalagi cowok. Mereka beli barang cewek, rela masuk toko, rela malu buat beliin hadiah yang pas. Bahkan setelah gue tahu, boneka stitch itu bisa mendarat mulus di tangan gue harus ada ‘perjalanan memalukan dibaliknya’.

    Dari yang sembunyi-sembunyi karena takut ketahuan temen, sampai masuk WC mall buat nulis di sticky notes dan celana kesemprot air terus dikira pipis di celana. Ahh. Lalu ngantarnya ke rumah gue pas maghrib-maghrib. Rumahnya juga lebih dari 20 kilometer dari rumah gue. Sebuah perjuangan yang patut dihargai bukan?

    Satu lagi. Ngga sekedar boneka, namanya boneka lovemate. Bisa ngerekam suara. Ahh jadi flashback.

    Intinya. Sebenci apapun sama orangnya. Please, hargai barangnya. Kita make barang pemberian dia (baju, tas, jam dll) bukan karena masih sayang, bukan karena ngga bisa move on. Tapi menghargai waktu yang pernah dilewati bersama. Menghargai usaha dan perjuangannya, dulu.

    Oke. Alasannya klise. Ngga mau ngingat dia lagi. Takut makin benci dan makin emosi. Hey. Emosi dan benci itu bisa terurai karena waktu. Kalau emang masih jengkel, simpan aja dulu. Suatu saat bakal ngerasa enjoy aja kok. Gue sih nyaraninnya dijaga baek-baek aja.
buku mateMATIka yang dia kasih
    Dari semua barang mantan yang pernah gue terima. Emang sih yang berarti banget itu boneka stitch, apalagi sampai sekarang gue ngga tahu apa isi voicenote-nya. Karena udah kehapus gara-gara adek gue kepo dan mencet sembarangan :”””” sumpah penasaran banget isinya apa! Saat gue tanya langsung ke orangnya, kelihatannya dia kecewa dan cuma ngejawab “Yaudah, mungkin belum saatnya kakak tahu. Buang aja sekalian bonekanya.”

    Lalu ada botol parfum. Emang sih bentuknya pasaran, karena ada banyak. Tapi wanginya! Parfum itu dia beli dua, satu yang ukuran gede 100 mililiter dia kasih ke gue, dan yang ukuran 25 mililiter buat dia. “Biar kalau kangen aku bisa cium baumu,” katanya terus senyum.

    Saat gue udah putus. Gue mau refill, tapi toko parfumnya udah pindah. Pas gue bawa botolnya ke tempat parfum lain, mereka ngga bisa nebak itu bau apa. Pas mereka coba bikin, baunya ngga sama persis. Soalnya bukan aroma parfum bawaan. Itu racikan si toko parfum yang pertama gue dibeliin. Sumpah! Langsung shock abis, gue udah sayang banget sama bau tu parfum. Rasanya kayak dipaksa ‘move on’.
waktu tahu ini patah, gue nangis badai. marah-marah sejadinya di kamar. tega banget dah sampe bisa putus gitu kepalanya :( dan lagi.... itu dia yang milih di antara 4 lainnya. jadi berasa kek sudah ditakdirkan untuk benar-benar 'putus'
    Sisanya ya kayak bunga sama coklat, ngga mungkin gue simpan kan? Bunganya juga udah bapuk banget pas dikeringin. Hargai aja barang-barang itu. Analogi gue, selama kita bisa ngehargai barang-barangnya, kita juga sama aja belajar ngehargai keputusan dia atau bersama untuk ngga bareng lagi. Dewasalah!

    Inget. Secara ngga langsung Tuhan sengaja matahin hati lo karena dia bukan orang yang tepat. Right? Logika sama hati emang sering berantem. Gausah gengsi. Kalian ngebuang barang-barangnya karena cibiran temen? Selowza~ gausah mikirin apa kata orang. Itu cara lo untuk be brave ke depannya.

    Selamat mengangguk dan membuka kembali kotak yang dibiarkan berdebu itu! Selamat menghargai~ ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)