Di Bali Aku Nggak Mau Bali

Hoi-hoi! Kali ini gue mau lanjutin cerita gue nih. Cerita pas gue ke Bali 5 hari kemaren. Jadi kali ini judulnya ‘Di Bali Aku Nggak Mau Bali’ yang mana bali itu kalo bahasa Jawa artinya pulang, jadi gue nggak mau pulang pas kemaren di Bali :(

Ketemu dengan 25 teman. Ketemu Indonesia mini, hehe. Gue absenin mereka satu-satu disini ya. Okeh, dimulai dari pasukan Jember. Ada 6 orang peserta yang terseleksi, 4 dari satu LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) yang sama yaitu LPMS Ideas, ada Mas Sadam, Mas Kholid, Mbak Nurul dan Rosy dan 1 dari LPM Plantarum Univ Jember yaitu Mbak Opel alias Nurma. Satunya mbak Dila dari LPM Millenium STAIN Jember. Mas Sadam ini orangnya begajulan :p huahaha. Nggak bisa diem dan kadang bikin tingkah lucu. Kalo Rosy temen satu kelompok gue pas ngunjungi Klenteng di daerah Kuta.

Kemudian ada Ka Yuni asal Suara USU, Medan. Anaknya lantang kalo ngomong dan tegas, dengan logat yang “Eh kalian ini. Lama kali. Macam Ibu-ibu saja,” terus ada ka Alit dan ka Vera yang asli Bali. Lalu ada teman sekamarku si Dewi yang asli Bali juga, sstt, namanya I Gusti Agung Dewi loh~ terus ada ka Susi asal Sumbawa, ka Susi ini kalo ngomong juga semangat banget :D lalu ada ka Dewi dan ka Fahrul yang dari Ambon. Gue diajarin bahasa Ambon loh sama mereka~

Terus ada trio Mataram. Ka Rony, ka Baihaqi dan ka Ahmad. Mereka ini orang-orang kece loh, super pokoknya. Trus ada Yunita dan ka John asal Flores :D mereka yang logatnya paling kental kalo sharing bareng kami, hehe. Lalu ada ka Awe yang anak Jakarta dan Mas Fathur si arek Surabaya. Lalu ada Ka Arya asal Salatiga yang rambutnya mirip Yoda Idol :p ssst, dia pimred di LPMnya loh.

Nah, yang satu pulau dengan gue ada ka Arin dan ka Deden asal Pontianak. Terus terakhir dari pulau tetangga yaitu Sulawesi, ada ka Ramda dan ka Vian yang sama-sama dari LPM Identitas Unhas. Lalu ada juga panitia yang dari Pers Akademika Unud, Bali, Santia dan Ari namanya :D btw, keliatan dong ya kalo gue termasuk peserta termuda bersama 3 temen yang lain selama disana :D hampir semua gue panggil kakak :3 hehe

Jadi, selama ada disana gue pelatihan gitu yang sebelumnya pernah aku ceritain disini bro. Nah disini gue mau cerita tentang hari-hari terakhir gue ada disana ya. Soo, 22 November adalah hari terakhir gue. Penerbangan gue jam 10 malam gitu, jadi masih ada pagi sampe sore untuk membesarkan otot kaki (baca: jalan-jalan)

didalam bus Sarbagita~ keenakan sampe tetidur karena memang busnya adem~
Gue diajakin Santia ke Pura Uluwatu. Jadi berangkatlah kami (gue, Yunita, Santia, ka Yuni, ka Ramda, ka Vian dan ka Fathur) ke Pecatu naik bus Sarbagita. Nah bus ini sistemnya kayak busway gitu, 1 tiket menuju kemana saja~ dan harganya cuman 2500 doang! Nyampe di daerah Unud kami harus ganti kendaraan karena Sarbagita nggak bisa masuk sampe Uluwatu. Jadinya naik kayak minibus gitu ke Puranya. Ngelewati GWK (Garuda Wisnu Kencana) dan tibalah di Pura Uluwatu! Dan lagi-lagi cuman bayar 2000 rupiah!

kami siap masuk Pura qaqa~
Nyampe sana kami langsung menghambur menuju loket pembelian karcis. Harga karcis masuknya 15rebu aje~ terus sama penjaganya disuruh pake sejenis kain gitu. Karena gue udah pake celana panjang, jadinya cuman disuruh pake kain panjang pengikat pinggang, gue ambil yang warna kuning. Sedangkan yang pakaian bawahnya keliatan betis, pake kain lebar warna ungu. Ada 2 macam warna kain, ungu dan kuning. Penjaganya bilang, itu adat. Hmm, kasian ka Ramda, dia nggak bisa ikut masuk ke Pura Uluwatu karena perempuan haid nggak boleh masuk wilayah Pura :’)
istirahat sejenak sambil memandangi para turis yang sibuk hilir mudik di dalam kompleks Pura
Teriknya matahari nyengat banget. Kami pun menyusuri jalan setapak yang dibatasi pagar tembok. Karena Pura Uluwatu itu letaknya dipinggir tebing. Wuoh! Indah banget broh! Suara deburan ombak yang menghantam pinggiran tebing ditambah angin laut yg bertiup kencang bikin gue terlena banget *alay. Medan jalan setapak pura ini menanjak, jadinya agak ngos-ngosan pas mau mencapai puranya. Disana juga banyak monyet keliaran, sampe-sampe jam tangan sama gelang di tangan gue harus mengungsi sementara di dalam tas. Karena monyetnya suka usil ambil-ambil barang pengunjung, haha.

narsis di pinggir tebing~
Setelah sekitar 2 jam di Pura, kami pun rencananya mau nikmatin pantai di daerah... daerah... ah gue lupa namanya -_- tapi karena udah senja banget, sedangkan gue check in jam 9 malem. Jadinya langsung pulang aja. Sebelum pulang kami makan nasi jinggo yang harganya murah meriah, cuman 4 rebu broh! Apalagi makannya di pinggir jalan, hehe.

Nah, dari sini aksiden kejar-kejaran pun tak terelakkan. Santia kurang tau bener lokasi Jimbaran. Jadinya kami menyusuri jalan buat nyari halte Sarbagita. Makin lama makin jauh. Jauh. Jauhhhhhhhhhhh. Kami malah nemu jalan sepi! Kamfret! Setiap kami ngelambaikan tangan buat numpang nyari halte nggak ada yang gubris. Akhirnya jalan kaki. Terussss. Terussssss. Terus jalan kaki. Fyi ya, di Bali itu transport umum susah banget!

narsis terakhir didepan minibus sebelum meninggalkan Pura
Sampe ada bus sarbagita lewat, kami teriak-teriak di pinggir jalan. Busnya hampir berhenti. Tiba-tiba ada rombongan motor lewat, mereka teriak “Nggak boleh berhenti disini!” kami diem._. busnya langsung melaju. Tapi jauh disana, ternyata ada halte. Busnya berhenti. Kami pun lari sekuat yang kami bisa. Nafas gue udah tinggal separoh. Rasanya nasi jinggo yang tadi gue makan udah hilang entah kemana -_-

Sarbagita masih nungguin kami. Padahal kami masih jauh. Dan kami masih terus lariiiii. Lariiiiii. Dan lari sampai sarbagita perlahan menjauh. Ahhhhhh! Ini udah jam 8 lewat! Sedangkan dari Jimbaran menuju Kuta tempat gue nginap itu lumanyun jauh! Pas nyampe di halte, kami terkapar. Dengan nafas separoh-separoh, kami tertawa. Huahaha. Gilak banget! Lari-lari ngejar bus doang, sampe-sampe ada Ibu-Ibu yang naik motor teriak “Hei, kenapa lari-lari?” dengan logat Bali.
jalan terus pantang berhenti
Ahh. Gilak! Gokil beut! 20 menit kemudian ada sarbagita yang mampir. Ahh, lega! Didalem bus kami udah nggak sanggup ngomong banyak. Cuman bisa diem sampe akhirnya gue dan Yunita turun di Kuta. Sedangkan Santia dan ka Yuni turun di Denpasar. Perjuangan belum selesai untuk gue dan Yunita. Jarak halte dan tempat nginap gue itu masih lumayan jauh. Kami-harus-jalan-lagi. Mungkin kaki gue kalo bisa ngomong dia bakal ngamuk :’)

Nyampe di penginapan gue langsung packing barang, tante Elis, tantenya Yunita nyuruh gue buat makan dulu karena beliau udah masak. Ahh Tante :’) habis makan gue langsung cuss jalan kaki (lagi) buat nyari taksi karena lumayan jauh dari penginapan ke jalan raya. Gue bahkan nggak mandi ._. pas baru mau keluar, ada bapak-bapak nanya. “Mau kemana? Bandara?”, gue ngangguk. Alhamdulillah~ ternyata si bapak adalah supir travel. Dia mau ngantarin gue Bandara :’) jadinya Yunita pun nemenin gue ke Bandara.

Well~ pengalaman amazing benged~ gue nggak akan pernah lupa sama kebaikan keluarga Bapak Kecil (pamannya Yunita) dan tante Elis yang udah anggap gue keluarga walau tinggal cuman sehari doang bareng mereka. Makasih juga buat Santia yang udah ngajak gue ngebolang~ ka Yuni atas pengertiannya :p adek chubby mu ini akhirnya pulang ke Samarinda~

Ohya. Karena gue penerbangan malam, gue transit dulu di Juanda. Karena dari Juanda ke Sepinggan itu jam 6 pagi. Nyampe di Juanda jam 11 malem, gue luntang-lantung di bandara :))))))) mana badan lengket semua. Akhirnya nyari posisi pewe buat tidur :’) di bangku tunggu. Gue nggak bisa tidur karena takut tiba-tiba pas bangun barang gue udah lenyap ._. jadinya berjaga sampe subuh :))))) whuo!

Ohya, saking ngantuknya. Pas mau naik pesawat, gue dengan cerobohnya ninggalin hape di charger box. Dan sekarang gue udah nggak tau gimana nasib hape gue itu sampe sekarang~ Oyeh! Bali! You rock!!!