Sejuta Cerita di Desa Berambai



Hallohaaaaaa! Gueh hadir lagiiiii nihhhhhhh *mulut keluar busa* huehehe. Kayaknya di bulan puasa ini gue malah rajin ngepost ya? Alhamdulillah berkah puasa o;) hahay~ so langsung aja ya. Kali ini gue mau cerita tentang cerita lama *tsah. Bukan, bukan cerita galau kok. Tapi cerita yang kejadiannya udah lama, sekitar akhir bulan Juni kemaren.

Nah, sesuai judulnya. Jadi sekitar seminggu mulai tanggal 25-30 Juni 2014 itu gue jadi relawan~ relawan Desa Binaan BEM KM Unmul atau disingkat DIPIKUL. Kegiatannya itu di Desa Berambai, masih di lingkup Samarinda sih tapiiiiiiiiiii medan buat kesananya itulohhhh! Rasanya pengen nyium tanah kalo udah nyampe :”) bayangin aja! Jalanannya itu nggak semulus kisah cinta gue cuy *malah curhat*
Lokasi perkemahan dan itu tuh! itu kendaraannya! bayangin deh kalo naik itu diatas jalan yang nggak mulus! rasanya kayak terombang-ambing -____-

Perjalanan menuju Desa Berambai itu sekitar 2 hari kalo jalan kaki dan sekitar 1 jam kurang kalo naik motor. Kami para relawan dan panitia jumlahnya sekitar 60 orang gitu. Para relawan pastinya anak-anak Unmul yang emang rela buat jadi relawan (?) nyampe disana itu sore, kami upacara dulu. Karena kegiatan Desa Binaan ini juga digawangi sama bapak-bapak TNI AD.
 
seluruh relawan dan beberapa panitia :D
Selama 6 hari disana kami banyak ngelakuin banyak hal. Termasuk penyuluhan tentang kesehatan dan juga tentang pertanian, ada agenda unmul mengajar, cek kesehatan gratis, sunatan massal, sembako murah dan banyak kegiatan sosial lainnya. Pengalaman paling berkesan adalah ketika kelompok gue kedapetan jadi panitia sunatan massal gratis. Tempatnya di SD yang lumayan jauh dari tenda kami nginap. Jadinya kami diantar estafet pake motor panitia, huehehe :$

Selama disana para relawan dibagi menjadi 4 kelompok, gue sendiri kelompok 2. Dan bersama kelompok 1 kami jadi panitia untuk sunatan massal serta cek kesehatan gratis. Gue sendiri dengan salah satu relawan yang bernama Ka Fajar kebetulan menugaskan diri (?) untuk ngejaga diruang sunatannya. Awalnya sih sama Ka Fajar nyantai aja karena emang dokternya belum dateng.

Gak lama tuh dokter dateng. Alat medis udah dikeluarin, 3 temen gue jaga di bagian registrasi sekaligus bagiin sarung ke anak-anak yang bakal di-enjesh tititnya ._.v gue ngeliat si dokter ngeluarin sebuah kotak gitu mirip kayak radio, dan ternyata itu laser! Laser yang bakal meng-enjesh titit para bocah malang itu *plak
Ada sekitar 12 anak yang mendaftar, yang paling kecil umur 6 tahun dan yang paling gede umur 12 tahun. 2 anak pertama gue panggil untuk dieksekusi oleh si dokter. Ka Fajar jaga di pintu supaya anak-anak nggak kepo buat ngeliat temennya. Gue sendiri sengaja berdiri di deket si dokter, pengen ngeliat proses itu tuhh, proses peng-enjesh-an. Haha. Gue nggak usah nyeritain prosesnya? Takut kalian tiba-tiba nge-close tab kalian -_- haha. Intinya itu pertama kalinya gue ngeliat orang disunat secara live!

Terus ada juga kegiatan Unmul Mengajar yang gue lakuin. Kebetulan gue punya 3 murid setia yang nggak mau belajar kalo nggak gue yang jadi gurunya :3 hehe. Namanya Anjas, Riski dan Udi. Kebayang dong gimana terharunya pas mereka ternyata nyariin gue padahal hari itu jadwalnya Unmul Mengajar adalah kelompok 3 dan 4, bukan kelompok gueh?
 
gue: siapa yang mengakui bahwa kaka cantik? | anak baju merah (abm): saya kaaaa!
Selama jadi relawan di Desa Binaan itu rasanya seneng banget. Gue juga disana disiplin banget :p haha. Selalu sholat tepat waktu, bangun sesuai jam yang ditentukan sama panitia, mandi pagi selalu jadi yang pertama dan berusaha tampil modis (?) *lah ini kagak nyambung -_-
 
murid gueh ada enam cuy! nah itu yang kepalanya gede sendiri murid tak diundang ._.v haha
By the way~ sahur pertama gue di puasa tahun ini bareng sama temen-temen relawan dan panitia DIPIKUL loh :D rasanya beda aja. Buka puasa pertama gue juga selain sama temen-temen DIPIKUL juga bareng warga disana :) rasanya amaze banget lahhh. Gue juga dapet banyak temen dan pengalaman disana, banyak cerita yang bisa gue ceritakan termasuk ke kalian sekarang wahai pembaca setia :p haha

Nahh, ternyata Desa Berambai itu menyimpan kekayaan alam yang luar biasa bagus! Di desa itu ada air terjun tiga tingkat! Hari keempat sore gue dan beberapa temen menyambangi air terjun tersebut. Perjalanannya cukup melelahkan~ jalan kaki mendaki gunung melewati lembah dulu. Naik turun dan jalanan juga licin.
habis dari air terjun~ lihat tuh jalanannyaaa meliuk-liukkkkk
Kami ngelewatin air terjun pertama dan kata anak-anak disana, air terjun yang bagus itu yang kedua. Jadi kami harus must wajib kudu musti jalan agak jauh lagi kedalam buat nyamperin air terjun yang kedua. And guess what? Air terjunnya keren bengetz! Gue langsung ngelepas jaket dan lepas kaos kaki dan nyeburin kaki ke dinginnya air terjun yang ngalir. Wahh! Amaze!
 
kalo aja gue nggak pake rok, gue udah nyebur dah -_-
Nggak nyangka ternyata di Samarinda tepatnya di Desa Berambai yang tempatnya jauh dari jalanan mulus ternyata menyimpan harta yang luar biasa! Makin keren karena ketika kami kembali ke tenda, perjalanan kami diiringi pelangi yang jelas banget gue lihat. So beautiful! Ada banyak banget cerita selama di Desa Berambai~ termasuk dimana semua panitia dan relawan saling ngumpul buat ngeluarin uneg-uneg selama 6 hari disana. Termasuk ketika jari telunjuk gue disengat tawon pas lagi tidur dan sampe sekarang bekasnya nggak mau hilang walaupun bengkaknya udah reda setelah 3 hari. Ahh, so many cerita pokoknya!
the last days:") foto bareng anak-anak disana~
Lewat catatan ini gue juga mau berterima kasih buat semuanya yang terlibat di kegiatan DIPIKUL :D buat anak-anak didik gue :”) see you yah dek :* sampai ketemu di lain waktu dengan prestasi yang luar biasa dari kalian. Buat para koki juga pengen terima kasih sebesar-besarnya :p karena tanpa kalian hidupku hampa, ahaha. Gue jadi tahu fakta kalo selama 6 hari kami disana, tiada hari tanpa menu sambal :”) padahal gue nggak terlalu suka pedes. But thanks for everything, for makanannya yang serba pedes tapi nggak kalah lazies dari masakan chef restoran, for keramahtamahan warga desanya, for kelucuan dan keseruan dari anak-anak yang antusias belajar dan bermain bareng kami. Thank you! Muah! Muah! :*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)