Banyak Tahu dan Banyak Ilmu karena Kaltim Post



Halohaaaaaaa!!! Ketemu lagi dengan akoh makhluk imut, unyu nan sekseh serta awet muda sepanjang masaaaa *huek! Hahaha. Hmm, hari ini mau cerita lagi nih~ tentang kunjungan media dari UKM Jurnalistik ke Kaltim Post yang merupakan media cetak terbesar di Kalimantan Timur~ hehe
 
penampakan! ukaaaaaa-ukaaaaaaaaaaaaa...
Nah, ini adalah agendanya anak Ujur atau lebih spesifiknya merupakan program kerja dari bidang Litbang yang diketuai oleh mama pou a.k.a ka Dina ^^ jadi ada sekitar 3 media yang bakal kami kunjungi. Di antaranya, yaitu Kaltim Post sebagai media cetak, Radio Republik Indonesia (RRI) sebagai media audio dan Tepian TV sebagai media audio visual.

Hari ini kami mengunjungi Kaltim Post. Perjalanan menuju kantor Kaltim Post lumayan untuk membuat pantat sixpack -_- karena macetnya jalan. Pasalnya, kami semua kunjungan pas sekitar jam 5 sore dan itu berbarengan dengan orang pulang kerja, ditambah lagi dengan banjir dimana-mana -____- Samarinda will be the next Jakarta :”)

Akhirnya nyampe juga di kantor KP. Nyampe sana sih gak langsung masuk karena masih nugguin temen lain yang kejebak macet dan banjir. Nah, setelah tekumpul semua barulah kami masuk. Kami pun langsung diajak menuju lantai 3 dan disambut dengan hangat oleh Bang Adi. Dia adalah salah satu fotografer di KP. Kami diberi sekilas info bagaimana perjalanan si berita hingga menjadi koran. Mulai dari rapat redaksi, hunting berita, foto, sampe proses percetakan.
 
lagi dijelasin proses tulisan menjadi koran ^^
Setelah skefo tentang KP kami pun tanya jawab dan langsung ikut ngerasain kesibukan yang ada di kantor KP. Kedatangan kami ke kantor KP itu pas banget, karena pas jam 5 itu waktunya para reporter deadline dan nyerahin naskah berita ke redaktur. Ruangan di sana rame banget! Aku juga secara live ngeliat seorang reporter diceramahi sama redaktur karena beritanya yang kurang. Wuih! Kece mennn! Kami juga liat proses layouting koran sampe ngedit berita.

Sebelumnya sih kami juga dibawa ke KPFM, itu radio punyanya KP. Terus juga Samarinda TV studionya ada di kantor KP. Intinya hari ini belajar banyak tentang media cetak :D juga belajar bagaimana caranya jadi orang yang punya rasa tanggung jawab karena nulis berita itu gak bisa main-main.
ada cintaaaaaa, yang kurasakannnn~ ahh sudah sudah! ini pas lagi sama Ayam, entah kami sedang apa -_-
Konsep kerja di KP itu gak ribet, bahkan gak ada aturan yang mengikat kayak jam kerja dan pakaian kerja. Prinsip kerjanya cuman 1 bagi wartawan, yaitu satu hari harus wajib nyetor 3 berita apapun itu sesuai dengan isu yang lagi berkembang di masyarakat.

Kami juga jadi tahu kalau proses layouting dan ngedit berita itu sampai tengah malam, lalu lanjut jam 1 naik untuk proses cetak hingga jam 2. Dan jam 4 koran udah jadi, jam 5 para lper koran mulai nyusun koran hingga akhirnya pagi jam 7 koran udah ada di tangan para pembaca. Gitu seterusnya~ karena KP terbitnya setiap hari, maka hal itu rutin.
 
karna berfoto ngadep ke kamera dan senyum biasa itu udah terlalu mainstream!
Aku takjub sama pekerjaan seorang wartawan. Wartawan sebenarnya bukan sebuah pekerjaan, melainkan sebuah profesi! Karena untuk bisa jadi wartawan gak bisa asal nulis berita dan diterbitin. Wartawan itu butuh kemampuan yang gak main-main. Karena secara gak langsung, kitalah yang jadi tonggak informasi bagi masyarakat~

Apa coba jadinya dunia jika tanpa wartawan? Kalian pasti gak bakal tau kalau si Ayu Ting Ting udah melahirkan kan? Kalian juga gak bakal tahu kalo ternyata anggota Coboy Junior si Bastian udah get out kan? Nah! Apa yang kalian tahu dari media pasti bakal kalian beritahukan pada teman-teman kalian kan? apa jadinya kalo media alias wartawan yang nyari berita salah ngasih informasi atau bahkan beritanya jadi gak berimbang karena ada yang ngerasa keberatan?

Ahhh, pengen lebih mendalami jurnalistik dan lebih berani dalam pengaplikasiannya ke lapangan! Karena jadi wartawan itu gak mudah! Huyeh! Hidup wartawan! Haha~

Komentar

  1. Cerita d radio sma di tv nya belom nih??
    Kren yak, bsa bljar lgsung dri ahlinya. Tpi knpa kunjungannya sore, bkan pagi atau siang? Jgan blg, klo itu udh mainstream _ _"

    Sriusan samarinda banjir? Trnyata ad jg kota yg terndam bnjir slain kota gue. Ehehehe

    Bner sih, wartawan itu hrus pnya nyali yg bsar jg, mnrut gue. Klo dia ga brani wawancarain narasumber, ga bklan ad informasi.
    Mangnya lo mau jdi wartwan yaak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye belom~ hehe
      karena sore di kantor KP baru ada kegiatan~ soalnya kan dari pagi sampe siangnya mereka nyari berita
      hehe

      iye banjir :")

      hooh! pengen jadi wartawan :D

      Hapus
  2. ga ngebayangin gimana capeknya para wartawan sm karyawannya -_____- jadi wartawan itu emang kelihatan keren ya, tapi sepertinya mereka harus punya tenaga extra. seru banget ya bisa main ke kantor KP tambah wawasan, ditunggu cerita ke RRI sama Tepian TV ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, kerjaan kayak gitu yang gak bakal sampe titik jenuh
      haha

      ada aja keseruan tiap hari baik pada saat wawancara atau live nyaksiin berita :D

      Hapus
  3. Wah sama ro, aku juga pengen jd wartawan. Hahaha... Soalnya keren aja. :3
    Malah rencannya mau coba magang di Gorontalo Post, tapi masih ragu2. Soalnya gak punya pengetahuan dan belum pernah ikut pelatihan jurnalis. Taunya cuma nulis doang (.-.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi wartawan ribet bang rik -_- gue aja mau nangis kalo udah dapet tugas disuruh bikin berita ini, terus dari pimred gue sendiri bilang kalo gue salah ini itu
      ahhhhhhhhh~ tapi itu serunya
      tiap hari kita bakal nemuin banyak hal baru, gak kayak kerja kantoran yang ditemuin komputer mulu
      hehe

      Hapus
  4. Samarinda bisa banjir juga ya? Mulai ke-Jakarta-Jakartaan nih. Hehe

    Kalo kata Soleh Solihun, lebih baik jadi hartawan dari pada wartawan. Tujuh tahun jadi wartawan, tapi nggak kunjung jadi hartawan, makanya udahan.

    Tapi kalo udah jadi passion, gapapa sih.. hehe
    semoga jadi wartawan sekaligus hartawan deh..

    BalasHapus
  5. Beuuh, itu aktivitasnya 24 jam non-stop masa?
    Tapi gue heran kalo koran yang tiap hari terbit itu, harga jual nya cuma seribu.
    Iyee, di Jambi segitu.
    Untung darimana yak?
    Buat kertas aje udah rugi, menurut gueee.

    Kalo emang punya bakat nulis sih, jadi wartawan pasti enak banget.
    Beda kalo gak ada apa-apa. Bisa jadi beban.
    Tapi emang asik kerja sesuai passion gitu yaa.
    Ngerasa kayak lagi ngelakuin hobi, tapi di gaji.
    Huaaah enyak nyaaaaah.

    Moga jadi wartawan yaaak.
    Ditunggu cerita lanjutan nya nih.
    Pasti belom kelar kan?
    Haha sok tauuu

    BalasHapus
  6. Semoga suatu saat bisa bertandang ke Jakarta. Ada banyak kantor berita besar di sini. Ceritanya keren. Ditunggu liputanmu selanjutnya deh:D

    BalasHapus
  7. buset juga jadi wartawan harus ngirimin 3 berita per arii!! maa kayak ga pernah libur aja tiap hari terus memproduksi berita karena emng tiapp hari...reporter dan pengumpul berita pasti orng yg ulet, igih, dan banyak akalll...tapi apa bisa ereka menikmati hidup>> ato harus gitu tiappp hari bergelimang dengan baerita??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)