Cerita Akhir Tahun~

Hoy hoy hoy! Wahhhh, gak kerasa udah akhir tahun nih hari ini :”) udah banyak banget cerita dan duka yang gue alami selama 2013. Mulai dari cerita cinta di awal tahun, kemudian cerita ter-PHPnya seluruh kelas 3 se-Indonesia pas mau UN, pengumuman kelulusan, terus gabung ke Blogger Energy, gue seleksi lomba LKS sampe akhirnya dapet peringkat 5 se-Indonesia, pendaftaran kuliah, jadi jurnalis dan banyak banget keseruan yang gue alamin semenjak jadi seorang jurnalis, terus ngerasain cerita cinta lagi dan yang terakhir gue alamin adalah camping yang diadakan Rumah Zakat Samarinda.
eksis sebelum berangkat :p
Well, jadi ceritanya hari itu pas gue lagi di sekre Ujur ada surat masuk dari Rumah Zakat. Yang isinya adalah DIKSAR (pendidikan dasar) relawan. Akhirnya 5 diantara kami pun turut serta dalam acara diksar tersebut. Gue, ka Baim, Zaki, Bowo dan Yanti. Tanggal 26 kami semua udah ngumpul di GOR Unmul dan tepat jam 9 malam kami diangkut menuju lokasi pelatihan. Kami semua naik truk. Jumlah seluruh peserta adalah 29 orang, 16 ikhwan dan 13 akhwat. Lokasi pelatihan itu sendiri di Separi, sekitar 1 jam perjalanan dari Samarinda~

Sepanjang perjalanan sih fine-fine aja. Seru-seruan pokoknya~ kami sampai di lokasi jam 10’an dan disana ceritanya mau long march supaya bener-bener bisa nyampe di tempat yang sebenernya. Tapi alam berkata lain, hujan turun dengan derasnya dan membabi buta~ kami semua berteduh di pondok. Karena medan menuju lokasi sangat licin, akhirnya kami semua diangkut lagi naik truk. Dan diatas truk, kami semua pada pake jas hujan ponco gitu. Sudah dingin, barang bawaan berat, ahhh malam itu amazing pokoknya!
 
suasana subuh nan syahdu~~~
Dan pas lagi diatas truk, ka Baim sebagai yang ter-tua-kan :p begitu perhatian banget sama kami. Mungkin karena dia gak ngeliat gue naik duluan ke atas truk. Dia teriak,
            “Roro dimana de?!”, gue bingung
           “Disini ka!” padahal jarak gue dan dia cuman 2 meter doang -_- tapi karena keadaan truk yang penuh orang, gelap dan hujan. Jadinya gue gak keliatan.
           “Sini dek! Sini!” teriak ka Baim lagi. Gue disuruh deket-deket sama dia, karena emang dia gak pengen rombongan ujur pisah. Tapi gue tetep milih didepan deket kepala truk. Perjalanan panjang pun dimulai~ terasa makin panjang karena guyuran hujan lebat serta dingin yang menusuk tulang *tsah
 
pemeriksaan barang, serasa lagi buka lapak ya gue :p haha
Hujannya stabil, gak deras dan gak juga reda-reda. Dingin makin menusuk tulang *tsah* basah disana sini. Mata juga merem melek saking ngantuknya karena udah jam 11’an lewat. Akhirnya kami para akhwat alias para wanitanya diturunkan disalah satu rumah warga untuk beristirahat. Sedangkan ikhwannya tidur di musholla yang emang gak jauh dari situ.

Dan malam itu, gue tidur dengan keadaan beku -____- gue gak ada bawa selimut atau sarung. Jadinya bermodalkan jaket :”) aseli dingin bingitz! Huhuhu. Dan besoknya, jam 4 pagi kami dibangunin buat sholat subuh. Setelah solat subuh, kami periksa kelengkapan barang bawaan. Karena emang harus ada barang yang wajib dibawa oleh peserta. Yang bikin gue ngakak adalah ada sekitar 4 peserta cewek yang bawa boneka -___- hello?! Ini mau masuk hutan oey! Mau tidur di alam! Mau melatih kemandirian dan jadi seorang relawan! Lu malah bawa boneka -______- please dehhhhh~ wahahah. Barang bawaan yang gak sesuai bakal dikenakan 1 seri, yang mana 1 serinya bernilai 5 kali sit up. Hmmmm -_- gue dapet 5 seri.

Tanggal 27, kami jalan kaki menuju tenda utama yang ada di lapangan. Gak terlalu jauh sih, tapi lumayan karena jalannya naik turun -_- hmm, kurus kurus dah gue :| nyampe di tenda istirahat dulu terus acara opening. Dan ketika sesi penyematan tanda peserta dari panitia, nama gue yang dipanggil sebagai perwakilan dari pihak akhwatnya. Yang bikn gubrak adalah ketika panitianya bilang,

            “kepada saudari Roro Ajeng dipersilahkan maju kedepan,” jiah! -___- nama gue berubah lagi jadi Roro Ajeng :”) udah cukup banyak typo nama DISINI :”) Setelah opening, lanjut materi, yaitu materi kerelawanan dan pembuatan bivak alias tempat berlindung dari jas hujan.

Nah, jas hujan yang kami buat itulah yang bakal jadi tempat kami tidur selama 2 malam kedepan. Bayangin deh, gimana bentuknya tenda yang terbuat dari jas hujan~ hohoho. Disuruhnya sih bikin solo bivak. Tapi karena alas tidur yang gue pake bedua sama Yanti, kami pun bikin duo bivak~ hehe.
 
di lokasi diksar!
Nah, pas tanggal 28~ ada materi penanganan gawat darurat. Yang ngebawain materi itu tim Gawat Darurat dari RSU A.W Syahrani Samarinda. Buat ceweknya belajar tentang cara menangani orang pingsan yang mulai dari gak ada denyut nadinya sampai gak ada nafasnya. Sedangkan buat yang cowok belajar tentang cara penanganan orang patah tulang dan cara pembidaian. Kami juga belajar simpul dan ngebuat tandu, belajar survive di alam liar sampe belajar cara bersosialiasi dengan masyarakat sekitar~
 
ini namanya CPR Barrier Face Shield, alat buat ngasih nafas buatan :D
Rasanya amazing banget! Dan puncak acara adalah tanggal 29 yang mana seluruh peserta akan masuk hutan dan menjelajah. Kami ngelewatin 4 pos. Pemandangannya ajib banget! sawah kanan kiri dan tiap pos bakal ada game yang harus kita selesaikan. Paling seru pas ngelewatin pos terakhir karena kami harus merayap didalam parit yang tergenang air kira-kira sebetis! Setelah ngerayap, kami nyebarangin sungai dengan bantuan tali tambang dana rusnya deras bangettttttttt!!! Huoooooooooo~ Gue hampir tenggelam gara-gara arusnya gilak!

suasana matahari terbenam~
Setelah itu, permainan berlanjut. Namanya game siwor, ada yang tau gak? Nah~ gamenya itu kita harus ngambil bendera yang jaraknya gak jauh dari kita. Tapi ada beberapa orang yang ngejagain bendera itu. Mereka bakal ngelakuin banyak cara supaya kita gak bisa ngedapetin bendera itu. Dan lo tau? Gue baru aja melangkahkan kaki pertama eh udah dijegal aja dan sukses jatuh terjengkang layaknya seorang pegulat yang kalah tarung :”))))) rasanya itu yaaaa, maknyusssss!!! Gue memandangi langit siang itu dengan banyak bintang yang mengelilingi kepala.

           “Roro ambil benderanya! Ambil!” teriak mbak Ika sambil nindih badan gue. YAELAH! GIMANA GUE MAU AMBIL BENDERANYA KALO BERDIRI AJA KAGA SANGGUP! GIMANA MAU NGAMBIL BENDERA MBAKKKKKKKK?!!! -___-
            “Roro mau lanjut atau nyerah?!” teriak mbak Ika lagi.
       “LANJOTTTTTTTT!!!” teriak gue sambil berusaha melepaskan diri dan dekapan para mbak-mbak yang nindihin gue. Gue berusaha buat melepaskan mereka, tapi kedua tangan gue dipegang dan tenaga gue udah hampir habis. Akhirnya dengan suara parau gue berkata “Nyerah mbak,” maka gagal-lah gue menyelesaikan permainan terakhir :”) huhuhu. Ehya, pas malam tanggal 29 gue dibangunin jam 2 malem, terus mata gue ditutup. Dan gue dengan keadaan mata tertutup ditidurin terus diikat pas dibagian kaki, badan dan kepala! Yap! Gue dibuat jadi pocong!!! Dan gue dibikin nangis gitu :") ahh~ andai gue meninggal~

Hmmmm~ 4 hari diksar rasanya amaze banget! bahagiaaaaaaa!!! Bisa ketemu banyak temen, berbagi cerita dan nambah pengalaman. Banyak banget hal yang bisa gue aplikasikan kelak dalam hal survive di alam bebas. Cerita di akhir tahun benar-benar berkesan :)))) ohya, gue dapet nominasi sebagai peserta terbahagia loh :D hahaha. Ka Baim sendiri dapet nominasi ter-udzur dan Zaki dapet nominasi ter-beatbox. Huahaha, ahhhhh~ intinya amazing! xD
 
cieee, peserta terbahagia ciee :p hihi
sorry ye gambarnya agak kabur, ini suasana didalam truk pas mau balik ke Samarinda
Tulisan ini gue posting pas gue lagi gelap-gelapan di sekre ujur. Menghabiskan malam tahun baru bersama mereka yang udah anggap sebagai saudara gue :”) terima kasih 2013~ terima kasih atas semua cerita dan kisah yang telah gue laluin. Terima kasih! There’s so many happiness and sadness in this year o:)

oh iya. sebenernya ada banyak gambar yang pengen gue abadikan. Tapi berhubung hape gue disita selama acara pelatihan berlangsung, jadinya gak bisa deh. Mungkin entar nyusul yee kalo gue udah dapetin fotonya dari panitia ^^

Selamat tahun baru!!! :D semoga resolusi yang kalian buat untuk tahun 2014 bisa tercapai semuanya xD

Komentar

  1. diksar kayak diklat gitu yah? elah masa iya ada yg bawa boneka segala, ga bisa tidur kali kalo ga meluk boneka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyee, semacam oprec relawan rumah zakat
      hahha, gak banget sih ke hutan bawa boneka -_-

      Hapus
  2. itu emang bener atau gue gak jago hitung ya.. 29 peserta, 16 ikhwat dan 3 akhwat.. ini mana yang salah sih. *oke abaikan*
    ini kelihatnnya kayak gue pas diklat bantara deh, acaranya seru-seruan gitu. apalagi ditengah hutan.
    Yang bikin malu adalah saat naik truknya. kadang diteriakin sama orang "Eh.. ada kambing, mbekkkk" .. itu yang kampret.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, gue typo :p harusnya 13 tapi udah gue benerin kok

      wahahah! kami malah pada berdiri tuh di truk~ orang-orang mah nyantai aja ngeliatin
      kalo ada yg berani neriakin mbekk, bakal gue sahutin mbekk juga *loh

      Hapus
  3. ampun deh...aku jadi ingat pengalaman diklat organisasi dulu...nyiksa banget....apalagi pas ada ujan kayak gitu..hih... --"
    dan kalo ada yang ketahuan bawa boneka, bisanya bakalan langsung kena semprot kakak panitianya...

    hahaha, namanya typo lagi...sabar ya... *pukpuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg bawa boneka gak dihukum -__- soalnya yg bawa boneka rata-rata mereka yg udah jadi relawan di rumah zakat tapi belum diksar
      soalnya diksar ini oprecnya relawan

      iyaaa, tiada momen tanpa typo mbak :") haha

      Hapus
  4. Diksar kalo di kampusku berarti penerimaan anggota mapala. tapi kalo diksarnya RoRo Ajeng #ehh gue pernah ikutan, bahkan gue hampir hanyut di sungai gara2 arusnya deres. Hahahaaha...
    Kegiatan2 kek gitu emang menyenangkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini diksar relawan rumah zakatt
      hahaha, berpegangan pada satu tangan dan kebanyakan nelen air sungai yang rasanya iyuh banget -___- haha

      Hapus
  5. wew, seru tuh diksarnya...
    btw, selamat ya dapet nominasi sebagai peserta terbahagia :D

    BalasHapus
  6. Kayaknya orangnya rame, hangat, and baik hati nih..
    Tenda dari jas hujan pasti kecil banget, gax nyaman pastinya..
    Ada juga ya nominasi peserta terbahagia..

    Kalo ter-beat box apan tuh btw?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terbeatbox karena ada pensi gitu tiap kelompoknya, dan temen gue itu nge-beatbox :D haha

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. hahhahaa ngakak deh ada peserta yang bawa boneka, :) ii kan mau diklat bukan mau piknik :p

    oya selamat ya lomba LKS dapat peringkat 5 besar, keren!

    kamu gelap2an gitu masih aja sempet bikin postingan ya Roro :) tapi semua emang terbayar kan sama pengalaman yg kamu peroleh.. siippp sippp lain kali kalo diksar jgn lupa bawa selimut biar gak beku hehe

    BalasHapus
  9. DIKSAR pada rapih-rapih amat yah? -_- kaka gue dulu dengan peralatan seadanya, dan ditinggal gitu ajah sama seniornya..

    seru juga aktifitas akhir tahunnya..

    BalasHapus
  10. aaaa aku jadi kepingin juga kak roro :D
    Jadi inget pengalaman diklat adek - adek kelas dulu :D

    Pengen gitu jadi relawan juga~

    BalasHapus
    Balasan
    1. sini sini kalo kepengen, tiap akhir tahun rumah zakat ngadain diksar kok :p

      Hapus
  11. Kak Roro ini sekilas kok mirip sama......... ah :(
    Udh dong ka jgn ditambah lagi fotonya, ini udh parah bgt loadingnya.

    Ceritanya keren. Mulai dari kehujanan, naik truk hujan-hujan, bgn subuh2 kehujanan, sampe nyebrang sungai dan dapet award terbahagia haha.

    Menurut gue sih yg paling membahagiakan itu bagian pas ditindihin sama mbak mbak, kalo gue mau haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lo galau Hud? -_- haha, gue mirip siapa? mantan guru SD lo? *eh

      keren? -__- ngolok kah? haha

      seru bingitz itu! haha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)