Penantian



Gue buka mata begitu dengar suara alarm di hape yang terus-terusan manggil nama gue (hehe, hiperbola banget ya). Gue paksa buat buka mata, dan gue lirik jam dinding yang tergantung di atas meja belajar tepat di depan mata. Seketika itu juga mata gue terbelalak, sontak ngacir ke kamar mandi.
****
Gue terus ngelirik jam yang melingkar di tangan Duh, lama amat sih pesawatnya. Well, kenalin nama gue Annisa, gue sekarang sekolah di SMK Negeri 1 Samarinda dan duduk di bangku kelas XI jurusan Marketing. Sebenernya gue hari ini PSG, tapi gue bolos ehh izin. Soalnya pacar gue, Haris, baru pulang dari Semarang. Dia kuliah disana. Dan dia berangkatnya awal bulan puasa kemaren. Udah sekitar 5 bulan gak ketemu, uuhh kangen banget. Hehe. Gue pacaran sama Haris udah jalan 4 tahun, kami jadian waktu gue naek kelas VII, yap waktu gue masuk SMP dan dia kelas IX. Gue pun jadi flashback kisah gue sama Haris.

Waktu itu gue masih cupu, karena gue baru aja lulus SD dan masuk SMP. Gue masih 4L4Y, haha. Dan itu semua kebukti dari ratusan foto-foto gue yang cara pengambilannya dari atas dan melet-melet juga kadang nempelin jari telunjuk di bibir. Haha. Pokoknya masih pure ingusan (secara harafiah). Dan di sekolah gue ada OSIS gitu, sebagai anak remaja yang baru tumbuh (ceileh bahasanya) gue pun coba-coba buat gabung di organisasi tersebut. Gue pun resmi jadi pengurus OSIS bertepatan selesainya LKO dan pelantikan. Rasanya gue pengen teriak, gue anak OSIS, karena dari namanya aja keren. Huehehe, kita bisa dikenal ama seisi sekolah karena kita OSIS (itu dari sudut pandang gue sebagai ababil alias ABG Labil waktu itu, apalagi umur gue baru 13 tahun)

Well, udah jalan sekitar 5 bulan gue ngerasain jadi anak SMP dan gue juga ngerasain yang namanya jatuh cinta, hehe. Gue suka sama kakak tingkat gue, namanya Muhammad Haris Ramadhan. Waktu LKO kami akrab, LKO itu sekitar bulan Oktober. Gue pun dapet nomernya Haris dari temen gue. Malam itu, seminggu setelah kegiatan LKO, gue mau sms Haris, awalnya gue ragu mau sms Haris, tapi nginget kedekatan gue sama Haris semenjak LKO, apalagi waktu kita senam pagi, Haris sengaja baris disamping gue dan kita becandaan. Gue pun menekan tombol Send dan gak lama ada laporan terkirim, sukses kepada Haris. Waah, jantung gue jadi kacau, lompat-lompat gak karuan. Gue pun bersemedi di depan hape gue. 30 menit berlalu, tapi gak ada tanda-tanda bakal ada balasan sms dari Haris. Akhirnya gue pun nyerah dan tidur.

Keesokan paginya, gue ketemu Haris di gerbang sekolah. Dan kayaknya dia emang sengaja nunggu gue. “Ka, kok semalam sms saya gak dibalas?” cerocos gue, “Haa? Yang mana? Yang nanya itu kah?” balas Haris bingung, “Iyalahh”. Haris tersenyum, “Itu nomer mu Nis? Haha, ntar deh kalo kamu sms aku balas”, dan yah hampir tiap hari kami ketemuan di gerbang sekolah, walau dia cuma say ‘Hey’ aja. Itu udah buat aku seneng banget, tapi tetep aja. Gue sms, balesnya 30 menit atau 1 jam kemudian -____-

Sampe akhirnya, 1 Januari 2008. Haris nembak gue. Wahhh, gue serasa di surga :D indah banget rasanya. Haris cuman bilang

“Nis, emhh, sekarang bukan aku atau kamu lagi, tapi kita ya?” jelas Haris waktu kami menikmati indahnya langit yang terciprat kembang api. Gue masih gak ngerti apa maksudnya, dan seketika itu bola mata gue terbelalak.

“Eh, kita? Maksudnya? Kakak? Emhh”, … “Iya, mulai sekarang kita ya”, wahaha. Gak romantis banget sih nembaknya, tapi itu udah buat gue serasa diangkat seribu malaikat terbang ke langit. Hehe

Sampe akhirnya, Haris UAN. Kedeketan gue ama Haris pun dipisahkan sama guru gue, gara-gara Haris punya target nilai, kalo targetnya gak tercapai, gue sama Haris terancam putus. Gue pun coba buat ngertiin dia. Banyak banget halangan yang terjadi di hubungan gue sama Haris. Bokap gue tau dan beliau pun marah besar, beliau nelpon Haris dan minta Haris buat mutusin gue. Gue gak mau, dan akhirnya kami backstreet, gue backstreet sama semua orang. Gak enak sih, karna kalo mau jalan ama Haris, gue harus punya alasan yang bener-bener harus bisa diterima sama bokap gue.

2 tahun udah berlalu, kami masih backstreet. Haris lulus dengan target nilai yang dia harapin. Dan ada halangan baru lagi buat gue, di SMA-nya Haris, ada temen ceweknya yang suka banget sama Haris, sebut saja dia Bunga (haha). Sampe-sampe, si Bunga ini ngaku-ngaku punya penyakit parah, jadi Bunga mau Haris jadi motivatornya. Huh! Hati gue serasa mencelos, gue pengen marah-marah sama Bunga karena dia udah ganggu pacar gue, tapi waktu itu gue masih SMP -___- , masa iya gue ngelabrak anak SMA??
Well, setiap Haris lagi jalan ama Bunga, Haris sms gue  Nis, aku lagi sama Bunga nonton, trus ada juga Nis, aku lagi sama Bunga di Mall, uhhhhhh, gue cuma bisa balas  Ya, salam aja buat Bunga ya :D, disitu gue senyum tapi hati gue teriak. Dan kenapa Haris mau aja? Ya aku tau, Haris ngelakuin itu karena Bunga lagi sakit. Tapi arrgghhhhh, :|

Dan yah, gue pun tau. Kalo Bunga cuma pura-pura punya penyakit parah biar bisa ngedeketin pacar gue, Haris. Uhhh, gue pengen banget marah. Tapi yah, gue kan orangnya sabar, hehe. Dan akhirnya Haris sama Bunga nggak begitu deket lagi. Gue seneng, tapi emhh, gue pacaran sama Haris, tapi gue gak ngerasain pacaran itu :( Karena setiap kali gue sms dia, lamaaaa banget balasnya, gue tahu, kalo hampir tiap malam Haris itu sms’an lebih dari 5 cewek! Uhhh, mungkin sms gue terselip diantara sms cewek-cewek itu, tapi biar bagaimanapun, dia kan pacar gue. Hemmm, gue cuma bisa sabar. Dan tepat anniversary yang ke-3, gue cuma minta satu hal dari Haris. Temeni gue sms’an, dan gue seneng, permintaan gue dikabulin, kami sms’an dan dia selalu balas sms gue hari itu. Yahh, tapi cuman hari itu, hari-hari lainnya sih tetep lama balasnya -___-

Well, sekarang umur gue 16. Gue capek backstreet sama kedua orang tua gue. Jadi, malam itu, waktu kami sekeluarga ke rumah nenek. Gue ngeberaniin buka mulut gue dan...

“Pah, umur Anis kan udah 16, emhh, Anis boleh punya pacar ya?”, upsssss gue berhasil ngomong. Sumpah, gue deg-deg’an dan jantung gue berpacu lebih cepat dari biasanya. Nyokap gue kaget dan ngeliat ke arah gue, “Haa? Emang sudah ada calonnya?” tanya Bokap. “Udah Pah, yang kemarin itu. Haris namanya, dia masih nunggu Anis Pah. Boleh yah?” jawab gue kontan. Nyokap cuman senyum, dan Bokap gue diem. Hahaha, diem tanda setuju kan? Yipiiii, gue sekarang pacaran terang-terangan sama Haris (hehe)

Nah, minggu depannya. Gue ajak Haris kerumah Nenek. Dan dia udah nyampe, dia dandan rapi banget dan keren pastinya. Bokap gue masih dijalan, karena gue berangkat duluan. Disana Haris ngobrol-ngobrol sama Oom gue. Dan gak lama, gue ngedenger suara mesin mobil diluar. Wahh, bokap gue udah datang , batin gue. Dan bokap gue nongol di depan pintu. Terus Haris salim sama Bokap dan Nyokap. Nyokap langsung ngacir ke dalam rumah, dan Bokap gue duduk di sofa sambil mandangin gue sama Haris satu-satu.

“Ini pacar Anis?”, tanya Bokap

“Eh, iya Pah, hehe”, gue nyengir kuda, dan Haris ikut-ikutan. Bokap pun tanya jawab sama Haris. Mulai dari sekolah dimana, tinggal dimana, kenal sama si A gak, bapaknya kerja apa, dan semua pertanyaan Bokap dijawab sama Haris dengan tepat. Bokap ada nanya,

“Cita-cita nak Haris apa?”, dan “Banyak Oom, kalo disingkat SUPERMAN. hehe”, jawab Haris mantap. Gue kaget, duh kalo ngelawak ini saat yang gak tepat batin gue.

“SUPERMAN?” tanya Bokap heran, dan ternyata SUPERMAN itu anonim dari semua cita-cita Haris, ya Suami, Ustadz, Penulis, Enterpreneur, Reporter, Manager, Akuntan dan Notaris. Bokap juga ada nanya. Haris mau kuliah dimana, ternyata dia mau kuliah ke Semarang, gue kaget. Terus Bokap ngelirik gue, terus senyum “Papah gak ngelarang kamu pacaran, tapi yahh, pacaran secara sehat aja, jadikan pacaran ini untuk memotivasi semangat belajar kamu. Oke?” tanya Bokap, gue senyum “Hehe, iya Pah”, dan Haris senyum-senyum ke arah  gue. Ahhh, indahnya. Akhirnya gue gak musti bohong kalo mau jalan sama Haris, gak perlu sembunyi-sembunyi kalo tiba-tiba dijalan ketemu Papah. Haha.

Eh, tadi Haris bilang mau kuliah ke Semarang ya? ternyata bener :( dia kuliah disana, karena keluarga besar dia adanya disana. Gue mau ngejerit sekuat-sekuatnya, kenapa harus Semarang? Terus gimana hubungan gue sama dia? Ahhhh! Dan bulan puasa tahun kemaren, Haris berangkat ke Semarang. Biar gue sampe nangis darah juga dia bakal tetep pergi ke Semarang. Sampe malam terakhir dia di Samarinda, gue sengaja datang ke rumahnya dan nyiapin hadiah kecil buat dia. Jam keramik berukuran 15x15 cm, yang di tengahnya ada gambar karikatur gue dan Haris lagi nikah, disitu muka kami mirip banget, dan dibawahnya ada tanggal jadian kami. Hemm, gue jadi terharu ngeliatnya. Dan gue pun tiba di rumah Haris, dia kaget, kenapa gue bisa kerumahnya. Dan habis ngobrol lama, gue ngasih tu hadiah ke dia. Dia kaget lagi, dan dia ngaku gak ada persiapan apa-apa buat ngasih gue. Dan akhirnya dia ke kamar dan keluar bawa kertas sama pulpen, trus di kertas itu dia gambar karikatur persis gambar yang di jam itu, dan itu mirip banget (oia, Haris pinter gambar) dilengkapi dengan nama dan tanggal lahir kita. Terus dia nulis didepan gue,

Aku, Muhammad Haris Ramadhan, hari ini 2 September 2011, mencintai kamu Annisa Apriliana. Dan berharap kamu pun begitu. Aku minta maaf, I’ve to go, to reach my dream, to be someone who can protect you. Tetap cinta ya sama aku? Will u?
     Yang sayang sama kamu,
Yaitu aku :)

            Air mata gue banjir saat itu, terus dia bangkit dan ngecup kening gue. Air mata gue dihapusnya, “Jangan cengeng dong. Hehe. Besok mau nganter aku ke Bandara?” tanyanya, gue cuman ngangguk, tapi air mata gue gak mau berhenti ngalir. Gue ngehabisin malam itu berdua dengan Haris. Sampe akhirnya gue ditelpon Bokap buat pulang, kenapa sudah jam 10 malam anak bontotnya ini gak pulang-pulang. Hehe.
****
            Handphone gue getar, nama Lovely terpampang jelas di layar handphone gue. Gue cepet-cepet tekan tombol receive,

            I catch you”, suara di seberang telepon  dan saat itu juga ada seseorang yang ngerangkul leher gue, waaaaa, air mata gue jatuh tanpa bisa ditahan. Gue peluk dia sekuat tangan gue bisa, seolah-olah gue gak mau ngelepas dia lagi.

            “Eh, malu tauk! Hahaha” komentar Haris. Gue gak perduli, gue tetep meluk dia, dan air mata gue membanjiri kemejanya. Dan gue ngelepas pelukan gue saat Bokap-Nyokap-nya Haris ngehampiri kita,

            “Wah, kami juga mau kangen-kangenan ini!” ledek Tante Ira dan seketika itu juga adek Haris yang berumur 6 tahun menghambur ke pelukan abangnya,

Abang jangan pergi lagi ya!”, gue pun membeo omongan Hana, jangan pergi lagi ya? ,gue ngehapus air mata gue. “Nah, ayo balik ke Samarinda. Aku udah kangen kamar ku!” balas Haris. Dan kami pun berjalan menuju mobil Xenia yang tadi membawa kami ke Balikpapan. Sepanjang perjalanan, Haris bercerita tentang semua pengalaman dia di Semarang. Dan gue, gue cuman bisa mandanginsepasang mata teduhnya yang selalu buat gue kangen sambil sesekali tersenyum waktu dia ngelirik ke arah gue.

            “Kok bengong?” tanya Haris, gue pun cuman senyum trus bilang “Aku selalu menanti kamu, dan berharap kamu akan membawa aku ke dunia mu kelak”, dia ikut tersenyum

“Pasti!”, kemudian kami menikmati perjalanan pulang kembali ke Samarinda. Gue gak perduli Haris cuman seminggu di Samarinda. Gak perduli!! Yang gue tau, penantian gue gak sia-sia. 

Yah... penantian?

 (cerpen ini dibuat sewaktu gue kelas XI SMK ._. hehe, jadi maap kalo rada berantakan dan alay :p)

Komentar

  1. ini..ini cerpen? aku kirain asliiii aaaaaa so sweet banget waktu Haris nulisin surat di kertas itu huehuehuee

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cerita nyata temen yang saya tuliskan :3 hehe

      Hapus
  2. aku kiraa pengalaman pribadinya Mira,hehe..:p rupanya cerpen toh :))
    salam EPICENTRUM mapir lagi ya,ada yg baru lho,hehe :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha, bukan
      cieh ada yang baru :p rasa apa nih? hahah

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)