LKS? He he he

Okeh. Mungkin ini udah telat pake banget kalo gue ngeposting cerita ini. Karena kejadian lombanya udah lewat. Jadi ceritanya, gue itu merupakan perwakilan dari Kalimantan Timur untuk Lomba Keterampilan Siswa(LKS) bidang Secretary yang akan dihelat (?) pada tanggal 22-28 september nanti di TMII Jakarta. Lo tau gak LKS itu lomba apaan? LKS itu lomba yang rutin diadakan tiap tahun oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dan bidang lombanya itu tergantung dari jurusan-jurusan SMK yang ada diseluruh Indonesia, dan berikut adalah beberapa bidang lomba yang dilombakan:

Graphic Design Technology
Refrigeration
IT/Software Application
Joinery
IT/ Networking Support
Carpentry/Cabinet Making
Web Design
Plumbing
Animation
Autobody Repair
Computer Aided Drawing and Design (CADD)
Chemistry
Automobile Technology
CNC Milling
Industrial Control
Convectioner/Pastrycook
Production Machine
Ladies Dressmaking
Electrical Installation/ Commercial Wiring
Hotel Accomodation
Electronic Application/ Industrial Electronics
Fishery
Secretary
Nautica
Marketing
Restaurant Service
Accounting
Cooking
Mould Making
Tourist Industry
Pattern Making
Printing
Refrigeration
AutoCAD

Nah, itu dia. Ada banyak kan? Dan itu dimulai dari penyeleksian tingkat sekolah dulu. Habis itu penyeleksian tingkat Kota dan Provinsi, barulah keluar juaranya yang bakal ngewakilin di tingkat Nasional nanti.
Jadi hari itu, hari rabu tanggal 13 februari tiba-tiba gue dipanggil sama guru produktif gue buat nemuin beliau di ruangannya. Dan disana ada 5 temen-temen gue yang satu jurusan. Ada April, Kurnia, Puji, Icha dan Nia. Dan ternyata kami berlima disuruh ngerjain tugas-tugas LKS yang mana salah satu diantara kami bakal ngewakilin sekolah buat lomba LKS tingkat kota yang dilaksanain tanggal 22-23 maret.

Gue sih ngerjain tugas-tugasnya sebisa gue aja. Tapi dari 10 tugas yang harus diselesaikan, cuman gue yang hampir selesai. Tugas-tugas dari bidang lomba secretary itu sendiri ada 10 yaitu:
1.      Mengetik naskah Kecepatan dengan Komputer (Typing Speed)
2.      Mengoperasikan internet
3.      Penanganan telepon dalam bahasa Inggrid
4.      Membuat surat dalam bahasa Indonesia dan Inggris
4.      Menangani Kas Kecil (Petty Cash)
5.      Membuat Agenda Kegiatan Pimpinan (Daily Agenda)
6.      Membuat Daftar Perjalanan Pimpinan
7.      Menata dan menemukan arsip (Filing)
8.      Wawancara (termasuk Pengetahuan Kesekretarisan)
9.      Membuat Notulen Rapat (Minutes of Meeting)
10.    Membuat Materi Presentasi dan melakukan Pesentasi dengan menggunakan bahasa Inggris

Semua pekerjaan diatas udah gue lakuin kecuali wawancara. Sementara temen-temen gue yang lain itu baru 7 pekerjaan yang mereka selesaikan. Entah gue-nya yang terlalu cepet ngerjakan atau mereka yang terlalu santai. Gue sih gak berharap bisa lolos karena gue udah males buat ikut-ikut lomba. Apalagi gue juga udah kelas XII dan kudu fokus dengan persiapan UN. Dan eng-ing-eng! Ternyata gue yang lolos -_____- he he he. Gue pun harus sering latihan LKS disamping latihan belajar buat persiapan UN juga.

Dan hari itu pun tiba. Tanggal 22 maret! Dan hari itu umur gue genap delapan belas tahun! Gilak! Lomba itu adalah hadiah ter-woah yang pernah gue rasain! Lomba dimulai jam 8 pagi, istirahat dua jam pas waktu shalat jum’at dan lanjut sampai jam 6 sore! JAM 6 SORE! Punggung gue rasanya retak, pinggang gue juga rasanya linu banget, apalagi tangan yang kayaknya kaku banget! Karena kerjaan gue itu kebanyakan duduk serta ngetik. Bener-bener hadiah ulang tahun yang very special :”)

Lomba pun berakhir. Dan tanggal 23 maret sekaligus pengumuman. And for your information, LKS bidang secretary tingkat kota ini dibagi menjadi 2 kategori. Yaitu yang kelas XI dan kelas XII. Lawan gue yang kelas XII itu ada 4 orang. Gue lupa lawan gue dari mana-mana aja. Yang jelas, keseluruhan peserta itu ada 9 orang dari sekolah yang ada di Samarinda. Dan gue pun yang lolos untuk tingkat provinsi dengan nilai akhir 90 (dibulatkan :$ karena gue lupa nilai akhir gue itu 89 koma berapa gituuuuh) dan yang menang kategori kelas XI itu dari SMKN 1 juga. Gaby namanya, dengan nilai akhir 88. Ada perasaan bangga waktu gue nerima piala juara 1, bangga banget! Tapi begitu nyampe rumah, WHOA! Beban gue nambah u____________u numpuk!!!
Suasana LKS tingkat kota pada tanggal 23 maret 2013, Dan ini sedang menunggu giliran untuk presentasi bahasa inggris
 Okeh! Beban gue makin numpuk! LKS tingkat provinsi itu jadwalnya pas banget sehabis UN! Mana gue juga musti latian hampir tiap hari. Tapi karena jadwal UN yang diundur terus, lomba LKS tingkat provinsi juga diundur. Dan rasanya itu alhamdulillah banget. Tapiiiiiiiiiii, disaat temen-temen gue udah nyantai karena udah selesai UN. Mereka udah mulai refreshing dan liburan kesana kemari. Tinggallah gue yang mumet karena musti lomba pada tanggal 15-16 mei nanti. Hufet banget! Dan ternyata Gaby gak ikut ke tingkat provinsi, Gaby itu langsung ke tingkat provinsi tapi tahun depan.
Sertifikat dan Piala LKS tingkat kota :$ *pamer
Lawan gue ada 9 orang dari 9 kabupaten se-Kalimantan Timur. Kampret! Gue deg-deg’an banget! Karena mereka adalah para jawara dari kabupaten masing-masing! Ada Nurul dari Nunukan, Elsa dari Bontang, Miftah dari Sendawar, Mila dari Tana Paser, Nurlina dari Bulungan, Yanna dari Sangatta, Rizky dari Tarakan, Nova dari Samboja dan Hikmah dari Balikpapan. Saingan terberat gue itu Hikmah dan Kiko atau Rizky. Karena mereka-mereka itu jago banget bahasa inggrisnya, mereka-mereka juga jago banget typing speed-nya. Dan yang menjadi keahlian mereka itu adalah kelemahan gue -__________- bahasa inggris gue masih acak adut dan kemampuan mengetik cepat gue cuman 52 kata per-menit dan dengan akurasi 97% dan itu gue gak pake sepuluh jari, mungkin kalo gue pake sepuluh jari bisa lebih maksimal u_______u Sedangkan hasil yang diharapkan adalah 50 kata permenit dengan akurasi 98%!!!!

Nilai speed typing Hikmah itu 99! Gue cuman 89! Perbedaan sepuluh poin itu sukses ngebuat gue drop. Nilai wawancara bahasa Inggris Hikmah juga 92 sedangkan gue cuman 87 u________u Tapi jauh dari itu, hasil kerjaan gue yang berupa surat, kearsipan, agenda, notula rapat dan beberapa pekerjaan tulis menulis lainnya nilai gue berada diatas Hikmah. Dan dari situlah, gue yang lolos untuk tingkat Provinsi dan Hikmah menempati posisi kedua disusul Kiko yang juara 3. Nilai akhir gue dan hikmah cuman beda 0,82!!!!! o_________O nilai gue 82,78 dan nilai Hikmah 81,96. Dan nilai plus gue dari seluruh peserta lomba adalah, gue unggul dalam hal kecepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena selalu gue yang selesai duluan, dan kecepatan juga ketepatan adalah salah satu aspek penilaian. Jadi alhamdulillah banget karena gue termasuk orang yang sigap, teliti dan cepat xD huehehe.
Ini piagam dan medali. Gue gak sempat minta foto-foto pas gue LKS tingkat prov -____- jadi cuman foto ini yang bisa gue masukin ._.v
Lihat deh, lihattttttt! Hehe :$
Pas pengumuman di hotel atlit tanggal 18 mei, gue punya satu cerita yang bikin gue makin drop (́_̀) karena gue disindir-sindir sama orang-orang Balikpapan :( intinya mereka itu gak terima kalo gue yang lolos ke Jakarta. Ada satu kalimat sindiran mereka yang berhasil ketangkep di telinga gue dan sukses ngebuat gue nangis ditempat,
            “Hei Sekretaris! Jangan bikin malu Kalimantan Timur ya nanti di Jakarta!”

Huoooooooooooooooo! Mereka hajat! Hajat bangetttttttttt! Udah tau gue anaknya cengeng, digituin, ya tambah meleleh air mata (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩) huwaaaaaaa!!! Mereka juga ada nyindir postur badan gue yang katanya gak cocok untuk mewakilin Kalimantan Timur dibidang Secretary (ʃ˘̩̩̩̩̩̩ƪ) ya gue tauk kalo badan gue itu GUEDE! Berat gue aja 60’an kilogram dengan tinggi badan 157 centimeter. Bulet kan?!!! Iya gue tauk! Gue gendutttttttt ("-̮ _ -̮)/| dimana-mana Sekretaris itu pasti punya bentuk badan yang idel, langsing, terus juga cantik. Gue akuin sih, Hikmah itu cantik. Kiko juga cantik banget, postur tubuh Kiko dan Hikmah juga bener-bener Sekretaris banget! Bukan kayak postur tubuh gue yang EMAK-EMAK HABIS MELAHIRKAN banget!! -__________-

But least, gue pengen ngebuktiin. Lomba Keterampilan Siswa ini kan yang dinilai adalah gimana keterampilan siswanya, bukan postur tubuhnya. Percuma cantik dan langsing kalo ternyata otaknya juga langsing! Sebenernya gue masih belum siap untuk lomba nanti. Apalagi ini lombanya tingkat Nasional. Walaupun sebelumnya gue udah pernah ngerasain lomba yang skalanya juga Nasional, tapi untuk LKS ini gue musti ngehadapin 32 orang se-Indonesia yang pastinya lebih expert dan so well banget dalam dunia per-Sekretarisan dan pastinya lebih cantik-cantik juga, huhuhu. Tapi sejauh ini gue udah bangga banget karena gue udah jadi perwakilan dari Kalimantan Timur. Gue lomba dengan ngebawa nama pribadi, nama ex-sekolah gue, nama kota tercinta dan nama Provinsi! Huyeh! Gue harus berjuang!

Gue sih gak yakin kalo bisa sampe 10 besar di tingkat Nasional nanti. Karena tahun kemaren yang berangkat ke Nasional juga anak SMK 1, dan dia cuman sampe peringkat 15. Hmmm. Gue sih gak berharap menang, guru-guru produktif gue juga gak maksain gue buat menang. Yang penting gue harus berusaha se-optimal mungkin nanti. Gue gak pengen nge-cewain para guru produktif gue. Tapi yahhh, kemampuan Bahasa Inggris gue kan masih dibawah standar. Kecepatan mengetik gue juga segitu doang. Gue gak bisa dipaksa untuk sepuluh jari dengan sistem buta.

LKS? Menurut gue ini bukan lomba yang gue banget. Tapi entah kenapa gue udah sejauh ini, entah kenapa gue udah nyampe ke titik tertinggi dimana gue harus ngehadapin 32 anak se-Indonesia yang juga nasibnya kayak gue. Gue yakin, mereka lebih ber-ambisi untuk menang. Gak kayak gue yang cukup ngerasa puas karena udah ngalahkan Balikpapan dan Tarakan. Dan inti dari semuanya adalah, GUE TERBANG GRATIS KE JAKARTAAAAA! YUHUUUUUUU~~ gak perlu keluar duit :p anggap aja liburan yang bikin deg-deg’an karena musti lomba dulu. Hihihi.

Hey kalian! Doa’in gue ya. Gue gak minta doa supaya gue masuk sepuluh besar nanti. Tapi gue minta doa supaya guru-guru dan mereka-mereka yang naruh harapan ke gue gak terlalu kecewa jika hasil yang keluar gak sesuai harapan ʃƪ˘) aamiin~~

Komentar

  1. Keren deh. Semangat semangat, Roro :D
    Selamat juga ya udah jadi juara 5 di Jakarta. Kapan-kapan kalo ke Jakarta kabar-kabari yak. Aku tinggal di Jakarta, siapa tau bisa kopdaran :)

    BalasHapus
  2. ahahah, makasih :D

    insyaAllah, kalo ada lomba lagi :p hahha
    okeee, salam kenalll xD

    BalasHapus
  3. Wah, kamu teliti dan cepat bisa ngalahin rossi di f1 gak ya ?. hehe ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha, kayaknya bisa deh :p

      Hapus
    2. keren (Y) boleh dong tau lebih mengenai pengalaman kamu ikut kegiatan perlombaan itu ?

      Hapus
    3. hahha, cari aja postingan lain ^^ ada kok yg tentang LKS :)))

      Hapus
  4. Hy kakak roro...salam kenal.
    Keren banget perjalanan lombanya..btw kak boleh nanya gak pas sesi wawancara ditanyain apa ajah kak ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)