3 Hari Amaze di Jakarta

Hari itu tanggal 11 Oktober 2011, aku sama temen-temen ngumpul di kelas sepulang sekolah. Kebetulan minggu ini aku Mid Semester. Saat lagi asyik ketawa kesana kemari (?) sambil desain mading buat lomba, handphone-ku getar.

“Ya, assalamualaikum”, jawabku, dan singkat cerita, ternyata yang nelpon adalah orang Dispora Kal-tim. Beliau ngasih info, kalo Jum’at tanggal 13 Oktober 2011 aku udah harus ada di Jakarta buat ngikutin final lomba pidato yang beberapa minggu lalu aku keluar sebagai juara perwakilan dari Kalimantan Timur. Sontak keringat dingin ngalir, aku jadi gagap, temen aku nanya, kenapa jadi aneh habis ditelpon orang. Dan aku pun cerita, mereka girang bukan main. Aku jadi bingung, yang ke Jakarta mereka ato aku -.- ??

Oia, kenalin. Aku Raden Roro Mira Budiasih. Sekolah di SMK Negeri 1 Samarinda tercintah jurusan Adm. Perkantoran, sekarang udah lulus. Dan well, hari senin tanggal 19 September 2011, guru Kesenian yang bernama bu Aida ke kelas. Beliau ngasih informasi, kalo aku diikutkan dalam lomba pidato dalam rangka hari Sumpah Pemuda di Taman Budaya. Aku diem, aku bingung harus jawab apa. Beliau langsung nyodorin selebaran yang isinya tentang ketentuan lomba Pidato tersebut. Di situ tertera, lomba dilaksanakan tanggal 27 September 2011. So aku masih nyantai-nyantai aja, aku browsing di internet untuk bahan pidato, temanya ‘Pengaruh Uang Jajan dengan Prestasi Siswa’ keren kan? Haha, eh gak ding, aku cuman bercanda. Hehe. Temanya itu ada 4, dan aku pilih yang paling mudah, Pemuda dan Tawuran.

Aku pinjem notebook temen, @oryzasatifaa, dan hampir tiap hari, sahabat tercintaku ini bawain notebook-nya. Hehe. Dan tanggal 21, aku nerima sms dari Pak Taufik. Beliau adalah salah satu juri lomba pidato. Beliau ngasih tau, kalo tanggal 22 udah mulai Technical Meeting dan tanggal 23-nya udah lomba. Whattt?? Naskah pidato belum direvisi mennn, dan itu juga masih acakadut kosa katanya. Dan hari itu juga, aku nge-print dan langsung antar naskah ke Dinas Pariwisata (yeah, yang ngadain lomba itu Dispora, tapi kenapa Dinas Pariwisata yang jadi Juri??--> entahlah)

Pada Kamis tanggal 22, aku udah tiba di Dinas Pariwisata. Di sana ada, emh tu, wa…… nam, juh, emh… 12 orang. Ada yang dari SMA Plus Melati, SMAN 2, Unmul, Poltek, Untag, pokoknya anak kuliahan deh rata-rata. Jiah, kalo gini aku udah pasti kalah, lawannya anak kuliahan. Huhuhuh  batinku. Aku pun ngelirik ke arah kertas kucel yang baru aku sadari ternyata itu adalah naskah pidatoku, isi naskah pidato aku sederhana banget -___-. Dan pak Taufik, pak Bani dan emhh, aku lupa siapa lagi jurinya. Hehe. Mereka ngasih tau dan ngejelasin semuanya, ya  ketentuan selama lomba, skor penilaian de-el-el. Aku ngelirik ke cewek berjilbab anak Untag, mba Anis. Paling banyak nanya selama TM. Hemhh, dia anak hukum coy, huaaa, aku makin minder.

Pasti pidato mbanya yang menang. Dan aku makin drop hari itu. Parahnya lagi, pak Taufik bilang. Kalo di atas panggung kita gak boleh bawa naskah *aku nelen liur. Dan sisa hari itu, aku pasrah. Aku apa adanya, yang penting aku udah usaha. Buat bu Aida, maaf ya bu kalo mengecewakan entar.

Dan tepat jam 8 saat acara, aku otw ke Taman Budaya. Dan sekilas info, aku sempet nyasar dan keterusan lumayan jauh. Haha. Di sana udah ada anak SMKN 2, Tomy namanya. Doi lagi latihan di samping gedung, doi semangat banget bacanya. Dan aku makin deg-deg’n -_____-, bagus mennnn pidatonya! Setelah ngobrol-ngobrol, Tomy ini anak pertukaran pelajar yang baru pulang dari Jepang 3 bukan lalu *nelen liur. Hualah, aku jadi ngerasa kayak anak yang gak punya pengalaman sama sekali, Dan aku masuk ke gedung tempat lomba. Aku ngeliat ke sekeliling. Glek! Mereka persiapannya mateng banget, tinggal dihidangkan, lha aku? Dari 3 lembar naskah pidato, yang aku hafal cuma paragraf pertamanya doang -____-. Hedehh, dan aku akhirnya cuman bisa doa.

Akhirnya lomba dimulai, dan total semua peserta 12, tapi yang hadir cuma 10 orang. Sisanya pun di diskualifikasi, dan sistem nomor urutnya bikin sport jantung soalnya kita gak dikasih tau urutan tampilnya. Jadi kayak arisan gitu, hualahhh. Bunuh aku sekarang! Bunuh! Huhuhu. Dan aku kena nomer urut 7, sebelumnya. Semua peserta keren-keren, mancap pokoknya! Ekspresinya dapet, lha aku?

Aku naek ke panggung, aku senyum ke juri sama peserta yang lainnya (dalam hati teriak-teriak). Aku lancar di awal, aku pembukaan, aku pun makin bisa ngontrol keadaan, tapi pas aku masuk ke inti pidato, otak  blank, aku gemetaran. Sebelumnya aku udah bawa kertas kecil yang isinya point-point dari pidato. Aku diem, dan ngelirik sebentar ke arah tu kertas yang bergetar di tangan aku (baca: yang getar tangan aku) dan Alhamdulillah, aku bisa ngelanjutin Pidato aku! MERDEKA!!!)

Semua peserta udah nampil, dan juri minta waktu buat nentuin siapa pemenangnya. Sebentar, aku mau ralat. Kan ini lomba?? Tapi kok aku gak ngeliat penonton sama pialanya ya? ah, lupain. Hehe. Pak Taufik sempat bilang, kalo semua peserta bagus-bagus, nentuin pemenangnya bakal bisa sampe habis shalat Jum’at, tapi kalo pemenangnya udah keliatan. 45 menit juga jadi. Dan sekitar, 1 jam kurang, pak Taufik berdiri dan ambil microphone.

“Setelah berdiskusi dengan para Juri, akhirnya kami sepakat. Semua peserta bagus-bagus dan memiliki bakat yang luar biasa, dengan berdiri di atas panggung sini juga tidak mudah. Jadi tepuk tangan untuk kalian semua….” Ahh, gak usah basa-basi Pak, -____- aku sakit perut nih!  Dan aku ngambil a*ua gelas di kardus depan gue (sensor, termasuk iklan itu :p) Pemenangnya sudah kami sepakati, dan selamat kepada….” Kepada Anis Andi, dari Universitas Tujuh Belas Agustus, batinku.

“Kepada ananda Raden Roro Mira Budiasih dengan nomor urut 7 dari SMK Negeri 1 Samarinda”, ucap pak Taufik semangat. Satu kata! SPEECHLESS! :O AKU BENER-BENER KAGET! SEPERSEKIAN DETIK AKU CUMA DIAM SAMBIL MEGANG MINUM DI TANGAN! MELONGO!

Mba Anis yang di sebelahku langsung nyubit pipi dan meluk. “Kepada ananda Raden Roro, dipersilahkan untuk naik ke atas panggung dan foto bersama juri” ucap pak Taufik. Semua peserta yang ada dalam gedung tepuk tangan mengiringi langkahku ke atas panggung (serasa jadi miss Universe yak) Dan pak Bani nyalamin tangan sambil bilang “Selamat ya, intonasinya lebih dikuatkan lagi itu. Dan kemungkinan tanggal 13 berangkat ke Jakarta untuk final!”, haaa? Jakarta? Ini bukan lomba?? Ini seleksi? OMG! Aku lomba mewakili sekolah, mewakili provinsi! *sayup-sayup terdengar lagu We Are The Champion-nya Queen 


Menginjakkan kaki pertama kali di Bandara Internasional Soekarno-Hatta :")) *ngelap ingus
Perjalanan menuju wisma handayani di daerah cipete dan kami semua terlelap. Zzzzz
Dan soo, tanggal 13 Oktober, aku, bang Awang (pendamping kami) Nauval Dwi Fadillah, Hendrika Noverita, dan Bunga Ulima berangkat ke Jakarta. 3 nama terakhir yang akusebutin, itu anak SMAN 2 yang lolos audisi lomba Debat Pemuda. Dan kami nginap di Wisma Handayani, JakSel. Kami tiba di sana sekitar pukul 12 siang. Aku, Bunga dan Hendrika di kamar nomor 311, sedangkan Nauval dan bang Awang kamar sebelahnya. Pertama nyampe sana, kami registrasi dan yang ngelayani (ngelayani??) itu pegawainya Menpora, sebut saja dia Mawar *eh. Namanya itu bang Wirat. Hehe 
 
Sampai di Wisma. Nauval, Hendrika dan gue yang langsung ber-narsis ria :D
Okeh, malam itu, kami para peserta dari Samarinda ngumpul di kamar 311. Tim debat SMAN 2 browsing-browsing tentang materi untuk lomba dan aku ngehapalin pidato di meja, sesekali ngelirik 3 orang yang lagi ketawa-ketiwi di tempat tidur. Gimana gue mau ngehapalin?? Mereka ribut -____- haahah, tapi gak apalah. Dan setelah ngerasa cukup hafal, aku pun mempersiapkan buat besok dan ter-sleep. Jam -5 bangun, kedinginan, pasalnya jari-jari kaki sama tangan beku. Aku pun ngambil selimut dan keluar kamar, hauaaahhh, rasanya anget di luar, dan juga sepi -___-, tapi dari arah jalan raya, aku ngedenger suara klakson dan deru mesin mobil sama motor (buset, jam segini jalan raya udah rame??) dan aku duduk sambil nikmatin sisa shubuh.
****
Hari kedua…..
Jam 7 pagi tanggal 14 Oktober aku udah cantik *huehehe. Pas lagi pake jilbab dan krek eh, bunyi apaan yah itu? Dan saat mau make kacamata, tuh kacamata jatoh! Huaaa, gagangnya patah! Patah! Sekali lagi aku tekanin PARAH eh PATAH! Mampus! Aku keringat dingin, aku pun minta Hendrika buat nemenin ke mini market depan wisma (jangan pikir mau beli kacamata -___-, cuman beli isolasi) dan akhirnya aku isolasi-in kacamata . Hikzzz, aku mau rumah! Mau rumahh! *tiba-tiba home sick
Sebelum berangkat ke Gedung Menpora di JakPus, kami kontingen dari Samarinda berfoto dulu dengan kontingen dari Lampung~
Dan setelah melakukan operasi kecil terhadap kacamata, kami para peserta berangkat naek bus Menpora menuju Kemenegpora di Senayan JakPus. Di dalam bus ada peserta dari Jogja, Lampung, dan Makassar. Di sini aku bener-bener gak yakin kalo bakal masuk 3 besar. Bus tiba di Kemenegpora. Dan setelah cabut undian dan bla-bla-bla. Lomba pun dimulai, aku kena nomor 4. Dan semua peserta lomba pidato ada 6 orang, dari Samarinda aku, dari Makassar ada bang Fitrah (doi kelas XII Man 2 Model Makassar), ada Rini dari Lampung (dia sekolah di SMKN 1 Kotabumi Lampung), dari Jogja ada mba Nabilla (dia kelas XII SMAN 1 Jogja), ada Prakoso (doi sekolah di Al-Azhar Jakarta) dan ada Cassandra (dia sekolah di Lab School Jakarta).

Well, aku udah nampil. Dan gilak! Semua peserta bagus-bagus! (jelas, kan udah seleksi). Pokoknya mantap, dan aku cuman bisa hela napas. Habis lomba pidato, lanjut lomba Debat. Sebelumnya Nauval dkk yang nyemangatin aku, sekarang giliran aku yang nyemangatin mereka. Huehehe.

           Nah, aku kenalin ya peserta debatnya, dari Makassar, ada bang Ashari Ramadana T ato bang Ari, Syakirah Mahani Attamimi, dan bang Ahmad Fauzi Yunus ato bang Oci, trus dari jogja ada Fatmasari Hestina, Nadia dan emhh, aku lupa -___-, trus dari Lampung aku tau Frahman Fatur, Anna dan Rena, huehehe, trus ada Jason dan Kevin (aku lupa mereka perwakilan dari mana ._.v). Ada 6 tim debat juga, dari Makassar, Samarinda, Jogja, Lampung, Bogor dan well, kayaknya Jakarta deh, hehe (aku lupa nih -.-) dan lomba debatnya seru mennn! Aku cuman bisa ngelongo dan spechless
Suasana lomba debat memperebutkan juara Harapan 1, 2 dan 3
Lomba selesai jam 4’n, kami istirahat, dan juri diskusi pemenang. Aku jadi deket sama bang Fitrah karena kami ngobrol-ngobrol soal Pidato dan deket sama Syakirah juga, huehehe. Sore itu perwakilan Makassar buat semacam nazaar, kalo mereka menang, kami perwakilan Samarinda bakal diajak makan-makan di kamar mereka (asekkkk) haha. Jreng-jreng, pengumuman pemenang, yang dibacakan pertama kali adalah harapan 3. Juri nyebutkan asal sekolah, huahhh, aku udah yakin banget tu juri bakal bilang SMKN 1 Samarinda, dan bener.

“Juara Harapan 3, SMK Negeri 1, (jedanya lama banget) Bandar Lampung”, teriak oom Juri, aku kaget. Hah! Pasti aku harapan 2, dan harapan 2 diisi ama Cassandra! Hahaha, jurinya ngelawak nih, berarti aku juara harapan 1 :D huehehe, dan what? Harapan 1-nya mba Nabilla, padahal pidatonya mba Nabilla tu bagus banget! Kenapa juara harapan? Dan, aku juara 3 :’D hahaha, Alhamdulillah banget. Trus bang Fitrah juara 2 dan Prakoso yang menang. Amaze banget rasanya, heheh. Dan uang pembinaan untuk juara 1 pidato itu sekitar Rp 15 juta, nah kira-kira sendiri lah ya berarti berapa hadiahku? wehehehe
Seluruh peserta debat dan pidato pemuda :D
Ketika waktu istirahat dan membuat kenangan dengan kontingen makassar :D
Persahabatan tiga pulau. Syakirrah dari Sulawesi, Bunga dari Kalimantan dan Fatma dari Jawa :D
Dan untuk lomba debat, juara 1-nya itu Makassar (yippii, makan-makan), juara 2 itu Lampung, juara 3 Jogja, dan Bunga, Hendrika juga Nauval juara harapan 1. Ehmm. Good job teman :D, seenggaknya kita bawa hasil. Huahh, kita pun foto-foto saat matahari berganti shift dengan bulan. Gak terasa, dari pagi sampe sore kita mendem dalam ruangan buat lomba. Haha, dan sehabis lomba malam itu, kita ke mall Atrium Segitiga Senen buat makan dan ke Monas. Sayangnya baterai kamera Bunga low, jadi gak banyak yang bisa diabadikan di Monas, huhuhu, sayangnya.
Monas kala malam~
Kita pun nyampe di wisma, habis mandi dan ganti baju, kami udah diundang bang Oci untuk ke kamar mereka, kita makan-makan! Asekk, haha. Nyampe ke sana, udah disambut sama pizza. Dan karena kami para remaja yang butuh gizi lebih (baca: rakus), kami pun delivery Mc.D lagi.
Ini bang Ari dari Makassar, sekarang dia kuliah di UNM jurusan Psikologi lohhh :D
Ada cinta antara Bang Fitrah dan Nauval ketika kami sedang pesta di kamar anak-anak Makassar :$ huehehe
Huahahaha. Hemhh, gak kerasa itu malam terakhir kami dengan anak-anak Makassar. Sedih ehh, besok kami udah balik lagi ke Samarinda. Huaaa, gak mau pulang! Gak mau pulang! *lho? Katanya home sick? Hahaha
****
Hari terakhir…..
Aku udah mandi, dan ngangkat koper ke bawah (kebetulan kamar kami di lantai 3), kami pamit dulu sama anak-anak Makassar. Huahh, gak mau pulang -_____-. Dan kami+bang Ferdi (doi ini peserta lomba juga dari Samarinda kuliah di Jakarta, tapi lomba film pendek) ke Ancol, karena pesawat kami berangkatnya jam 2’n. Kami pun ke Sea World, TMnya 60 ribu rupiah.
Nauval dan bang Awang ._.
Nyampai di Sea World dan disambit eh disambut sama hiu betina nan unyu :$
Ketika masuk ke dalam enghh errr umhhh ya intinya di terowongan ini bisa ngeliat berbagai biota laut dah!
Kesempatan langka! Karena pas nyampe di Sea World, kebetulan ada ular yang lagi dijemur :D
Berfoto di depan kolam Hiu. Ternyata dulu rembes banget ya? -_- sekarang juga ._. hahaha
Dan di sana ngeliat-ngeliat berbagai macam biota laut, ada ikan (yaiyalah -__-) ada kuda laut, buaya, bintang laut, trus juga ada museum dan perpus mini yang berisi informasi tentang hewan-hewan laut. Terus kami juga ngerasain refleksi, yang ngerefleksi ikan, yapp, ikan garra ruffa. Huehe. Dan di sana, bang Ferdi juga Nauval bertingkah konyol. Wajarnya kan yang masuk ke kolam kaki ato tangan buat dimakan kulit matinya sama itu ikan, lha ini, bang Ferdi sama Nauval nyemplungin muka juga! What the? -____- huahahaha, mungkin pikir mereka buat makan jerawat bisa kali yak? Haha . Katanya enak dan geli-geli gitu. Hahaha.
Mencoba 'berhubungan langsung' dengan bintang laut ._. geli geli basah gimanah gituhhhh, huehehe
Okeh, kami pun akhirnya makan AW di pantai Marina, kita duduk dipinggir pantai sambil nikmatin ayam goreng dan root beer khas AW. Huahaha. Dan selepas itu, kita langsung otw ke bandara Soekarno-Hatta, dan bang Ferdi kembali ke rumahnya. Byee bang! Jaga dirimu baek-baek di kota orang ya bang, jangan macam-macam, ingat orang tua di Samarinda banggg *ngelap air mata (lebaynya kumat -__-)

Dan pesawat tujuan Balikpapan siap terbang, kami dapat seat terakhir, dan itu gak ngenakin banget -___- gak bisa ngistirahatkan punggung . Yahh, perjalanan 2 jam kurang 10 menit pun berlalu. Kami tiba di bandara Sepinggan saat langit berwarna jingga. Hemhh, 3 hari gak kerasa ya di sana? Bahkan aku gak sempat beliin buah tangan buat temen-temen -___- yahh, tujuan ke sana kan buat lomba, bukan jalan-jalan, hoho.

        Kami udah disambut dengan mobil carteran yang 2 hari lalu ngantar kami ke bandara Sepinggan. Dan kami pun mampir buat makan soto di jalan, di situ Hendrika sakit, badannya panas. Kasian, hadehhh. Lemes bawaannya. Dan kita semua capek. -_____-

Gak kerasa, udah ngelewatin jembatan Mahakam, dan aku diturunin di depan SMPN 10, bapake udah jemput di sana. Habis say bye sama Hendrika, Nauval dan Bunga, bahkan kami sempat ber-teletubbies-an (baca: berpelukan) dulu, tapi sama Nauval gak ya, hehe. Aku pamit sama bang Awang dan back to home. Huahhh, 3 hari yang amaze pokoknya. Dari yang gak kenal sama Bunga, Hendrika, Nauval, bang Ari, bang Oci, bang Fitrah, Syakirah, Hestina, mba Nabilla, Cassandra, Rini, Prakoso, Fatur, Anna, Nadia, bang Ferdi, bang Wirat dan semuanyaaaa, aku jadi kenal mereka. Haha, amaze banget pokoknya! Buat seseorang-yang-gak-bisa-ku-sebutkan-namanya maaf yaa, hehe, aku bukan orang yang tepat buat kamu. (halah lebay -________- hahaha) ada yang cinlok sama aku pas di sana -____-

Intinya 3 hari di Jakarta itu rasanya amaze banget!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OSIS & MPK SMAKENSA dimata para pengurusnya~

Kerajinan Manik Khas Kalimantan Timur

Drama Sebelum Berangkat, Magang Setneg (1)